5 Langkah Mudah Mengecat Kayu dengan Spray Gun Layaknya Profesional

Menggunakan spray gun saat mengecat kayu membuat proses finishing berjalan lebih cepat, anda bisa mengecat kayu dengan spray gun layaknya profesional meski anda seorang pemula. Berlatih menggunakan spray gun bisa anda lakukan dengan mudah agar dapat mengecat kayu lebih cepat.

Memilih Aplikasi Spray atau Kuas?

Proyek DIY di bidang kayu sangat terkenal bukan hanya karena hemat biaya namun juga bagi mereka yang sangat menikmati hasil karya yang indah. Tampilan yang indah dari furniture akan disempurnakan dengan langkah-langkah finishing.

Melakukan finishing artinya Anda harus memilih alat apa yang digunakan untuk mengaplikasikan cat. Memilih alat bisa menjadi salah satu bagian dari hasil yang ingin dicapai. Berbeda alat maka Anda akan mendapatkan hasil yang berbeda. Hanya karena Anda akan melakukan finishing pada proyek DIY bukan berarti Anda juga membutuhkan waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya.

Baca Juga : mau aplikasi plitur kayu layaknya profesional ikuti langkah ini

https://youtu.be/sX-DxBQEVeE

Manfaat Mengecat dengan Spray Gun untuk Finishing

Alat semprot atau lebih familiar disebut dengan spray gun adalah alat yang banyak digunakan untuk finishing. Spray gun tidak hanya digunakan para profesional namun juga DIY pemula. Spray gun adalah alat yang praktis dan dapat menghasilkan berbagai macam efek finishing.

Tips Memilih Merk Sanding Sealer yang Ternama

Anda akan mendapat lebih banyak keuntungan menggunakan spray gun untuk mengecat dibandingkan saat menggunakan kuas atau roller. Alat semprot akan mempercepat proses pengecatan karena mampu menutup area yang luas dengan cepat dan mudah.

Spray gun tersebut juga mampu menutup permukaan dengan sempurna. Bahkan menjangkau bagian yang sulit seperti sudut sehingga meninggalkan lapisan cat yang sama seperti dilakukan para profesional. Jika Anda menggunakannya dengan benar, maka spray gun bisa lebih hemat bahan cat artinya lebih sedikit budget yang dikeluarkan. Ketika Anda perlu melakukan pengecatan, spray gun juga lebih mudah dibersihkan dibandingkan kuas atau roller.

Memilih Spray Gun yang Tepat

Dengan beberapa jenis spray gun yang tersebar di pasaran, penting untuk memilih salah satunya yang tepat. Ada dua jenis yang secara umum digunakan yaitu airless dan high volume serta low pressure (HVLP). Airless spray gun memiliki bahan motor elektrik yang akan menekan cat keluar melalui lubang nozzle dengan tekanan udara yang tinggi. Sedangkan HVLP adalah spray gun yang secara otomatis akan menekan cat dengan tekanan udara lebih rendah sehingga mengeluarkan cairan cat yang lebih halus.

Alat semprot yang tradisional adalah airless sprayer, alat ini diciptakan dengan berbagai model. Mulai dari ukuran kecil  handheld, dan juga semi profesional untuk pengecatan proyek yang besar. Airless sprayer sangat cocok digunakan untuk furniture outdoor hingga kayu outdoor ukuran besar. Misalnya saja seperti yang digunakan untuk pergola, pagar, gazebo, dan bahan garasi.

Ketika menggunakan alat tradisional ini Anda bisa menggunakan berbagai cat. Jenis cat yang cocok seperti acrylic water based, solvent based paint, primer, top coat hingga cat untuk aluminium hingga stain.

Jenis spray gun untuk pemula ini tidak dapat digunakan untuk finishing yang menghasilkan tampilan detil. Fungsinya untuk menjangka ukuran furniture yang besar. Jadi jika Anda menuntut hasil yang sangat sempurna sebaiknya gunakan HVLP.

Jenis Spray Gun
contoh spray gun HVLP berbagai ukuran

HVLP sangat terkenal di kalangan profesional dan paling sering digunakan. Cocok sekali digunakan untuk finishing kayu berukuran kecil hingga medium. Proyek yang membutuhkan detail finishing misalnya seperti furniture, kabinet, rak, kusen jendela dan dekorasi ruangan lainnya. Anda bisa menggunakan berbagai jenis cat melalui alat ini sama seperti airless spray gun.

Mencampurkan Cat dengan Spray Gun

https://youtu.be/9emA2NtIsGM

Selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah bagaimana mencampurkan cat untuk hasil yang sempurna. Lakukan beberapa kali praktek untuk mencampurkan cat dengan spray gun Anda.

Cat yang memiliki pigmen kuat cenderung mudah mengendap untuk beberapa waktu. Apabila cat mengendap maka akan menyumbat proses penyemprotan. Inilah yang harus dihindari. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti dalam mencampur cat dengan spray gun:

Pilih jenis cat

Cat Enamel Yang Aman, Cepat, Mudah, Warna Lengkap Dan Hemat - cat enamel

Kemasan cat akan memberikan banyak instruksi apa saja yang harus dilakukan pada saat proses pelarutan. Cat yang berbeda merk akan membutuhkan pelarut berbeda. Biasanya kebanyakan cat bisa dilakukan dengan beberapa takaran air.

Anda bisa melihat instruksi yang diberikan pada kemasan cat. Berapakah jumlah pelarut yang dibutuhkan dan bagaimana cara melarutkannya. Sebaiknya siapkan wadah khusus untuk mencampurkan cat.

Perhatikan keamanan diri saat mengecat

Melarutkan atau mencampurkan cat terkesan tidak berbahaya. Namun uap yang dikeluarkan mengandung beberapa bahan beracun.

Mengecat Kayu Spray Gun

Sangat penting untuk menggunakan peralatan keamanan seperti masker, kacamata yang akan melindungi penglihatan dan juga paru-paru Anda.

Lakukan tes

Anda sudah mencampur cat sesuai instruksi pada wadah khusus. Jangan langsung tuangkan semua ke dalam tabung spray. Lakukan tes apakah cat yang keluar sesuai dan jumlah yang dikeluarkan tidak berlebihan. Langkah ini akan memberitahu Anda bahwa larutan yang dibuat telah tepat.

Tuangkan sedikit larutan cat ke dalam tabung. Semprotkan pada bidang kayu yang tidak digunakan. Jika masih kurang, ulangi proses pelarutan. Jangan lupa juga Anda sudah mendapatkan jumlah larutan yang tepat jangan isi penuh tabung sisakan beberapa udara agar cat tidak mudah tumpah.

Cara Mengecat Kayu dengan Spray Gun

Jika dilihat teori mengecat menggunakan spray gun maka akan terlihat sangat panjang dan melelahkan. Namun jangan khawatir pada prakteknya Anda akan melakukannya lebih mudah.

Ada lima langkah umum yang digunakan untuk mengecat menggunakan spray gun. Berikut ini langkah-lankgah yang bisa Anda ikuti:

Mempersiapkan ruangan untuk mengecat

Dimana Anda akan melakukan pengecatan? Jika Anda adalah seorang profesional maka Anda akan membangun sebuah ruangan khusus mengecat dengan spray gun.

Cara Sanding Kayu Jati Belanda, Tips dan Trik Bagi Pemula

Namun jika itu adalah bagian yang menyulitkan dilakukan pengecatan di luar ruangan. Pastikan area Anda mengecat di area yang bersih dan juga kering.

Bersihkan perangkat keras pada furniture

Anda akan mengecat ke atas permukaan kayu namun bukan ke bagian handle atau perangkat keras lainnya. Ada dua cara yang bisa ditempuh, pertama adalah melepaskan semua perangkat keras. Sebaiknya simpan perangkat keras. Cara kedua adalah tutup perangkat keras dengan isolasi agar tidak terkena cat.

Pengamplasan dan perbaiki bagian cacat

proses-mengamplas-kayu

Mulai dengan mengamplas permukaan kayu. Pastikan kayu tidak memiliki permukaan yang masih kasar bahkan kotoran atau minyak. Perbaiki bagian cacat dengan dempul kayu sehingga permukaannya berubah menjadi lebih rata.

Semprotkan primer coat

Persiapan yang sebelumnya telah Anda lakukan akan menimbulkan efek yang lebih halus. Lapisan dasar yang dibutuhkan adalah primer coat. Gunakan primer sesuai dengan instruksi pada kemasan cat. Semprotkan primer ke seluruh permukaan hingga merata. Tunggu kering kemudian amplas halus.

Semprotkan cat warna

Anda sudah membangun lapisan dasar dengan baik. Saatnya untuk menggunakan cat spray gun yang memiliki warna sesuai yang Anda pilih. Semprotkan cat ke seluruh permukaan sama seperti ketika mengaplikasikan primer. Tunggu lapisan kering kemudian amplas, jika warna belum tajam ulangi sekali lagi.

Scroll to Top