4 Langkah Aplikasi Pernis Water Based Biovarnish untuk Tangga Tercepat

Pernis water based untuk tangga adalah proses finishing yang perlu dilakukan. Menggunakan pernis water based pada tangga kayu akan menambah tampilan tangga lebih menarik. Anda bisa melakukan finishing tangga dengan menggunakan pernis water based.

Perlu beberapa tahun setelah tangga kayu dalam rumah mulai menampakkan kerusakan di beberapa bagian. Masalah yang sering muncul adalah pada garis horizontal dimana kaki sering melangkah di atas anak tangga.

Maka lapisan top coat yang berupa pernis akan memperlihatkan tampilan kayu asli. Selanjutnya garis vertikal akan muncul dan menampakan kerusakan dari goresan-goresan yang terus terjadi. Walaupun pegangan tangga tidak menerima banyak gesekan seperti anak tangga tidak perlu waktu lama untuknya menimbulkan kotoran. Banyak sekali cap sidik jari yang akan memulai muncul ketika pernis mulai memudar.

Baca Juga : simak pilihan warna cat tangga besi minimalis yang tepat untuk rumahmu

Inilah keuntungannya, semua kerusakan yang muncul lebih mudah untuk diperbaiki pada akhir pekan Anda. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa memperbaiki kerusakan yang muncul pada tangga kayu di rumah.

Apa saja langkah yang harus Anda dilakukan? Pada artikel ini pada empat langkah mudah dimana Anda bisa menggunakan pernis water based. Mengapa pernis kayu water based? Karena vernis ini adalah bahan finishing yang tepat untuk digunakan.

Proses aplikasinya mudah, dimana cepat mengering dan Anda bisa menggunakan alat apa saja baik itu spray gun atau kuas. Pernis berbahan dasar air ini lebih mudah diaplikasikan pada semua jenis kayu yang telah dipersiapkan dengan baik.

Inilah empat langkah mudah yang bisa Anda ikuti mulai dari persiapan hingga proses aplikasi pernis water based.

Melakukan Revitalisasi Pada Anak Tangga

Mulailah pekerjaan pertama Dan dengan memeriksa setiap anak tangga dengan hati-hati. Anda mungkin akan menemukan berbagai kerusakan atau lapisan pernis lama yang pudar. Misalnya saja tampilan finishing benar-benar aus hanya pada bagian anak tangga bawah. Tetapi utuh di bagian anak tangga atas dan di bagian pinggir.

Apabila pernis kayu lama tidak melapisi dengan penuh Anda harus mengembalikannya seperti semula. Artinya merevitalisasi anak tangga kayu seperti kondisi asli tanpa adanya lapisan coating.

Proses ini harus dilakukan dengan hati-hati dan bersih. Kenakan sepasang sarung tangan karet, lalu tuangkan secangkir penuh pengencer cat (thinner) ke atas permukaan anak tangga. Celupkan kain katun kering ke dalam yang lebih tipis dan gosok ringan lapisan pernis lama dan bekas lecet. Keringkan tapaknya dengan kain katun putih yang baru.

Jika lapisan pernis telah aus, Anda harus mempolesnya kembali. Mulailah dengan menggunakan pengorbit orbital acak dan piringan amplas 80 grit untuk mengampelas benang ke permukaan kayu.

Sander menghasilkan banyak debu halus, jadi pastikan ia memiliki tabung pengumpul debu atau terpasang pada vakum basah / kering. Bersihkan anak tangga dari semua debu amplas, lalu ampelas permukaan lagi, hanya kali ini dengan disk 100-grit yang sedikit lebih halus.

Pengamplasan Anak Tangga dengan Mesin Amplas

Apabila semua lapisan vernis telah hilang perlu pengamplasan lanjut untuk meratakan kayu. Anda mungkin akan goresan secara vertikal dan horizontal yang masih membekas. Goresan tersebut perlu dihilangkan hingga benar-benar bersih dan tidak mempengaruhi hasil finishing nantinya.

Permukaan yang halus akan meratakan penyerapan pernis yang baru sehingga menjadi seragam. Khususnya pada jenis-jenis kayu yang sulit diwarnai seperti kayu maple. Permukaan anak tangga perlu di amplas dengan hand sander atau orbital sander hingga amplas 120 grit.

4 Langkah Aplikasi Pernis Water Based untuk Tangga Tercepat

Rasakan permukaan anak tangga dengan rabaan dan pastikan cukup halus. Anda juga perlu mengamplas searah serat kayu menggunakan amplas 180 grit. Jika Anda ingin lebih halus lagi untuk jenis kayu yang memiliki permukaan lebih keras seperti jati, pengamplasan bisa diakhiri dengan amplas 220 grit.

Pastikan setelah selesai mengamplas, Anda membersihkan debu amplas dengan benar. Gunakan kain microfiber yang dibasahi kemudian diperas. Setelah menggunakan vakum gunakan kain tersebut untuk mengangkat debu yang sangat halus.

Perbaharui Tampilan dari Pegangan Tangga

Pegangan tangga atau handrail adalah bagian yang tidak boleh Anda lupakan dalam proses finishing. Untuk menghilangkan lapisan pernis yang lama Anda tidak bisa menggunakan orbital sander yang berbentuk kepingan. Apalagi jika pegangan tangga memiliki banyak ukiran.

Dibutuhkan pengamplasan yang lentur dan mengikuti kontur permukaan handrail. Anda bisa menggunakan spons pengamplasan. Spons lembut dengan mudah sesuai dengan bentuk pegangan yang bulat. Mulailah mengamplas di bagian atas pagar dan turun, selalu sejajar dengan butiran kayu, bukan di atasnya.

Pengamplasan spons membutuhkan sedikit waktu dan usaha, tetapi sangat efektif untuk menghilangkan noda, bintik-bintik kasar, dan lapisan pernis lama. Jika Anda menemukan noda yang sulit dihilangkan, coba gosok dengan amplas yang dibasahi dengan pengencer cat. Kemudian gunakan amplas spon ke permukaan lagi.

Sama seperti anak tangga proses pengamplasan selalu diakhiri dengan membersihkan debu bekas pengamplasan. Gunakan vakum kemudian kain lap dari bahan microfiber yang telah dibasahi.

Jika Anda telah selesai membersihkan dan permukaan handtrail basah tunggu kering. Lapisan air yang sedikit meresap harus dikeringkan agar tidak mengganggu peresapan pernis.

Aplikasi Pernis Kayu pada Tangga

Kini saatnya Anda melakukan finishing pernis water based pada anak tangga. Produk yang digunakan adalah Biovarnish. Setelah selesai melakukan persiapan yang baik maka ada dua produk yang perlu diaplikasikan pertama Biovarnish wood stain dan kedua adalah Biovarnish clear coat gloss.

Biovarnish wood stain merupakan pewarna kayu yang harus Anda gunakan untuk memberikan warna baru pada tangga. Anda tentu tidak ingin mendapatkan tangga yang berwarna pucat.

Anda bisa memilih dari 20 warna wood stain yang tersedia. Semuanya adalah warna kayu. Sedangkan Biovarnish clear coat gloss adalah pernis kayu yang akan memberikan tampilan mengkilap pada lantai kayu.

4 Langkah Aplikasi Pernis Water Based untuk Tangga Tercepat
Aplikasi pernis water based

Mulailah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Campurkan Biovarnish Wood Stain dengan air dalam wadah plastik dan pastikan tidak terjadi endapan. Siapkan kuas nilon berukuran 5 inci lebih.
  • Mulai kuaskan cat pada bagian atas anak tangga kemudian turun. Kuaskan Wood Stain searah serat kayu hingga merata tunggu kering selama 60 menit.
  • Amplas ambang dengan amplas 400 searah serat kayu. Bersihkan debu amplas, Anda bisa mengaplikasikan ulang Wood Stain dan amplas kembali.
  • Campurkan Biovarnish Clear Coat gloss dengan air dalam wadah plastik. Aplikasikan dengan cara yang sama menggunakan kuas nilon baru. Jangan lupa pada bagian hand rail.
  • Tunggu lapisan akhir mengering selama semalaman.

Ketika Anda menggunakan Biovarnish Wood Stain sering-seringlah untuk mengaduk apabila terjadi endapan. Karena pigmen yang terbentuk lebih berat daripada air dan dapat mengendap. Agar warna merata pastikan Anda mengaduk sebelum menguaskan.

Jenis kuas yang digunakan haruslh kuas nilon dan beli kuas yang baru. Kuas nilon memiliki sifat yang tidak menyerap air sehingga akan menimbulkan efek sapuan kuas yang lebih halus.

Proses kering akhir membutuhkan waktu sekitar 24 jam, Anda bisa mendiamkannya selama semalaman. Sebenarnya dalam waktu beberapa jam Anda sudah bisa menggunakan tangga, hanya saja perlu berhati-hati karena lapisan coating belum kering sempurna.

Tips Aplikasi Pernis dan Wood Stain untuk Hasil Sempurna

Biasanya kegagalan finishing akan muncul setelah lapisan cat mengering. Adanya kegagalan ini akan menimbulkan tampilan tangga yang tidak menarik. Bahkan Anda harus mengulangi proses aplikasi dari awal.

Semua akan menjadi sempurna jika Anda mengikuti persiapan seperti yang telah dijelaskan di atas. Selanjutnya adalah mencermati bagaimana proses staining dan aplikasi pernis kayu yang tepat.

Berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti ketika mengaplikasikan wood stain dan pernis secara sempurna.

1. Staining

Lakukan percobaan terlebih dahulu untuk memastikan warna yang dihasilkan sama seperti contoh. Biasanya beda warna kayu akan memberikan hasil warna yang berbeda. Anda bisa saja perlu mengaplikasikan dua kali lapisan coating untuk mendapatkan warna yang sesuai.

Kenalan Dulu Yuk dengan Kayu Mindi sebagai Alternatif Kayu Jati Belanda
Aplikasi liquid stain

Proses percobaan dapat Anda lakukan pada bagian kayu yang tidak terlalu terlihat. Cobalah untuk mengaplikasikan wood stain dengan satu lapisan, dua lapisan hingga tiga lapisan. Bandingkan masing-masing hasilnya.

Sangat penting untuk melakukan finishing sama seperti ketika Anda akan mengaplikasikan pada seluruh bagian tangga. Anda tidak boleh melewatkan satu langkah jadi sebagai pengingat Anda bisa merekam proses aplikasi percoban.

Biasanya warna yang dihasilkan semakin banyak lapisan maka akan semakin gelap. Tentukan seberapa gelap warna yang ingin Anda dapatkan.

2. Aplikasi Pernis

Tips yang kedua adalah aplikasi pernis. Bagaimana aplikasi pernis kayu bisa sempurna? Menggunakan produk Biovarnish clear coat telah menjadi langkah yang tepat. Selanjutnya adalah bagaimana cara Anda mengaplikasikannya.

Untuk mendapatkan pernis yang tepat pastikan Anda menciptakan larutan yang setara dengan 11-12 NK2. Alat ukur NK2 dibutuhkan untuk mendapatkan tingkat larutan yang tepat. Jika Anda tidak memilikinya cobalah untuk menggunakan perbandingan 2 bahan : 1 air.

Mengenal Clear Coat Untuk Hasil Yang Lebih Profesional - biovarnish clear coat

Proses aplikasi harus searah dengan serat kayu. Walaupun memberikan hasil warna transparan bekas sapuan kuas tetap dapat terlihat ketika Anda mengaplikasikan pernis berlawanan arah serat kayu.

Jika ingin mengaplikasikan pernis ulang pastikan lapisan pernis pertama benar-benar. Gunakan ibu jari untuk menekan permukaan dan jika tidak timbul sidik jari maka lanjutkan dengan pengamplasan ambang.

3. Persiapan Tempat Finishing

Satu lagi tambahan tips untuk melakukan pengecatan ulang pada tangga rumah adalah persiapan ruangan. Anda membutuhkan space yang cukup luas untuk melakukan finishing. Jangan sampai pernis mengenai furniture lainnya jadi berikan perlindungan dengan memindah furniture.

Anda juga bisa menutup furniture dengan plastik atau menutupnya dengan penutup yang tidak dapat diserap cat. Jika pada handrail terdapat logam atau perangkat keras tutup dengan isolasi kertas.

Pastikan semua bagian yang tidak ingin terkena cat tertutup dengan baik. Sebaiknya jangan mengecat pada musim hujan karena cat akan lama mengering. Buka jendela dan pintu udara akan mempercepat pengeringan pernis.

Jika cuaca panas maka udara yang masuk adalah udara kering membuat proses finishing dapat berlangsung dalam satu hari. Jika Anda memiliki kipas angin sebaiknya jangan nyalakan karena akan memindahkan debu ke permukaan pernis yang masih basah.

Apabila Anda bekerja pada malam hari pastikan lampu menyala dengan terang. Sinar sangat membantu penglihatan Anda untuk mengetahui bagian mana saja yang belum terlapisi bahan finishing.

Inilah beberapa tips yang bisa Anda gunakan selama proses finishing tangga dengan pernis water based dilakukan. Pastikan semua langkah Anda lakukan dengan benar untuk meraih hasil finishing yang merata, halus dan tahan lama.

Mengenal Biovarnish Clear Coat dan Keunggulannya

Pernis kayu water based untuk tangga dari Biovarnish Clear Coat berfungsi untuk melindungi media dan lapisan film di bawahnya, sekaligus untuk meningkatkan keindahan, dengan tampilan hasil finishing akhir gloss atau matte. Produk varnish atau pernis clear ini diformulasikan dengan memperhatikan keamanan bahan kimia sesuai standard regulasi European Chemical Agency (ECHA-REACH Regulation) dan US-EPA regulation certified.

Biovarnish Clear Coat dikembangkan khusus sebagai solusi pengganti bahan plitur kayu konvensional atau pernis kayu shellac gum yang menggunakan bahan pelarut minyak atau thinner yang berbahaya. Dibandingkan dengan bahan plitur kayu konvensional, Biovarnish Clear Coat memiliki keunggulan yang lebih banyak.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - biovarnish clear coat

Diantaranya adalah lebih cepat kering, tidak lengket, lebih tahan air, tidak berbau menyengat, lebih aman dan ramah lingkungan (rendah VOC dan non toxic). Biovarnish Clear Coat bisa diaplikasikan dengan kuas maupun dengan metode semprot pada berbagai media kayu.

Selain kayu, Clear Coat Biovarnish juga bisa diaplikasikan pada bambu, serat alam, partikel board, dll. Cocok untuk finishing interior maupun exterior pada furniture, pintu, kusen, handycraft, dan material lainnya. Berikut ini beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Biovarnish Clear Coat yang perlu Anda ketahui:

√ Aman dan ramah lingkungan (non toxic and very low VOC)

Dibuat dengan formulasi yang sesuai standar keamanan Internasional, produk ini tentu merupakan produk yang aman untuk diaplikasikan. Kadar formalin yang digunakan untuk pembuatan pernis Biovarnish berada dibawah ambang batas yang ditetapkan.

Selain itu, keunggulannya secara umum sebenarnya adalah karena pernis ini merupakan cat water based. Tidak perlu menggunakan thinner sebagai bahan pengencernya, tentu saja membuat pernis kayu water based tidak berbau saat diaplikasikan. Tidak adanya bau menyengat khas solvent based dan thinner merupakan pengaruh penting yang membuat Clear Coat Biovarnish lebih aman dan ramah lingkungan.

√ Tahan air (water resistance)

Perlindungan maksimal yang diberikan oleh Biovarnish Clear Coat berlaku juga pada fungsi ketahanannya terhadap air. Anda bisa melakukan finishing sekaligus perawatan furniture saat memilih menggunakan produk Biovarnish. Lapisan film yang ditimbulkan dari aplikasi Clear Coat Biovarnish juga menjaga material kayu atau media dari rembesan air yang kemungkinan terjadi.

√ Tahan cuaca (weather resistance)

Katahanan terhadap cuaca juga dimiliki oleh produk top coat yang satu ini. Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan Biovarnish Clear Coat untuk finishing furniture outdoor. Karena pastinya, cat ini juga tetap bisa untuk digunakan pada furniture outdoor.

Furniture outdoor tidak akan mudah rusak akibat paparan sinar matahari. Warna cat yang telah diaplikasikan sebelumnya juga akan lebih awet setelah dilapisi oleh pernis Biovarnish.

√ Transparansi bagus (transparansi tinggi)

Bagi Anda pecinta gaya natural, memiliki furniture dengan hasil finishing transparan tentunya merupakan suatu kepuasan tersendiri. Serat kayu akan terlihat lebih jelas dan lebih menonjol dengan Anda mengaplikasikan pernis kayu ini.

Untuk jenis kayu yang memiliki serat tinggi, tentunya penggunaan pernis ini akan sangat cocok. Contohnya pada pengaplikasian di furniture kayu jati, kayu sonokeling, maupun jenis kayu dengan serat eksotis lainnya.

√ Mudah digunakan (easy to use)

Cara pengaplikasiannya tentu sangat mudah, bahkan bisa dilakukan siapa saja meski bukan seorang profesional. Anda hanya perlu menggunakan air bersih untuk mengencerkannya kemudian aduk hingga merata. Anda bisa menggunakan kuas maupun alat spray untuk mengaplikasikannya.

√ Cepat kering (Quick dry)

Selain mudah untuk digunakan, cat ini juga cepat dan mudah untuk dikeringkan. Anda tidak perlu mengeringkannya dibawah sinar matahari langsung saat akan diaplikasikan. Pengeringan sempurna bisa dilakukan dengan mendiamkannya selama 24 jam setelah diaplikasikan. Oleh karena itu, pernis water based tangga kayu ini sangat cocok untuk digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top