Apa Syarat Meja Belajar Anak Berwarna yang Aman dan Tahan Lama?

Ingin membuat meja belajar anak? Namun apakah Anda sudah mempersiapkan alat dan juga melengkapi kebutuhan meja belajar anak yang berkualitas? Setiap orang tua pasti ingin membuat meja belajar yang berkualitas dan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal maka Anda perlu merencanakan pembuatan meja belajar hingga finishingnya.

Apa Saja Syarat Meja Belajar Anak Yang Aman dan Tahan Lama?

Dalam dunia furnitur pabrikan ada banyak syarat yang perlu dipenuhi untuk membuat pesanan meja belajar dalam jumlah banyak. Bahkan setelah dibuat akan ada seleksi produk yang cacat dan tidak layak untuk dijual. Terlebih saat Anda perlu membuat meja belajar untuk anak yang memerlukan standar keamanan tersendiri.

Baca Juga : bagaimana cara buat meja belajar anak yang nyaman untuk belajar di rumah

Namun Anda bisa melakukan proses finishing yang berbeda dengan pabrik yang akan perlu dibuat dengan cara massal. Pembuatan secara khusus akan mempermudah Anda untuk meneliti satu bagian per bagian yang akan menentukan kualitas penggunaan.

Untuk mendapatkan meja belajar anak yang berkualitas, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Nah apa saja syarat yang perlu Anda penuhi untuk pembuatan meja belajar anak ini? Anda akan mendapatkan informasinya dalam artikel ini.

Baca Juga : kenali apa bahayanya tidak menggunakan cat kayu yang aman untuk anak

Tips Mendapatkan Kulitas Meja Belajar yang Kuat

Anda memutuskan untuk tidak membeli meja belajar namun akan membuatnya sendiri. Anak Anda pasti akan senang karena meja balajar buatan Anda tidak akan sama dengan meja belajar miliki teman yang lain. Sebab Anda juga akan membuat meja belajar yang sesuai dengan selera anak Anda.

Tak hanya itu, Anda juga akan lebih mudah menetukan model dan warna yang disukai oleh anak Anda. Sehingga meja belajar yang dihasilkan merupakan benar benar special karena dibuat secara khusus. Maka, tentu saja baik Anda maupun anak Anda juga berharap meja tersebut akan bisa awet dan tahan lama untuk digunakan.

Nah untuk menciptakan meja belajar yang tahan lama bahkan dapat digunakan hingga mereka lebih dewasa ada beberapa tips atau langkah yang perlu dilakukan. Maka berikut ini beberapa hal yang menentukannya:

1. Material

Jika Anda sedang memilih material yang akan digunakan untuk membuat meja belajar, Anda pasti bingung manakah material yang kuat? Anda akan dihadapkan oleh banyak sekali material mulai dari besi, aluminium, kayu, bambu, rotan dan bahan lainnya. Yang Anda butuhkan adalah bahan yang bisa Anda olah dan bahan yang bisa bertahan lama.

Apa Syarat Meja Kayu Solid yang Tahan Lama?

Diantara bahan-bahan tersebut Anda bisa memilih kayu sebagai material utamanya. Kayu adalah material yang bisa Anda gunakan dan dipotong dengan mudah khususnya kayu solid. Material kayu solid memiliki ketahanan yang paling baik bahkan bisa Anda lapisi dengan berbagai macam jenis cat.

Tidak seperti besi atau aluminium yang mana mudah berkarat dan membutuhkan perawatan. Selain itu material besi atau alumunium juga memiliki lapisan cat yang khusus dengan harga lebih mahal. Keuntungan lainnya adalah karena saat memilih material kayu, Anda juga bisa menentukan bentuk meja belajar yang akan Anda buat.

2. Konstruksi

Sebelum Anda membuat meja Anda perlu memperhatikan bagaimana caranya untuk konstruksi meja belajar yang kuat. Anak Anda mungkin akan menggunakan meja belajar yang Anda buat tersebut setiap hari. Maka penggunaan setiap hari jika tidak didukung dengan konstruksi yang kuat akan mengganggu aktivitas belajar mereka.

Bahkan bisa saja terjadi kecelakaan ketika anak Anda sedang belajar di meja tersebut. Maka, sangat penting untuk memilih dan menggunakan konstruksi meja yang kuat. Dalam konstruksi ini, Anda perlu mengenal bagaimana teknik penyambungan siku dan juga ukuran yang tepat.

3. Ukuran

Ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saat akan menentukan ukuran meja belajar yang dibuat. Seperti dimana Anda akan meletakan meja belajar, berapa tinggi atau postur tubuh anak Anda juga akan mempengaruhi ukuran meja yang akan Anda bentuk. Anda sebaiknya juga perlu membuat desain meja sebelum masuk ke tahapan pengerjaan.

5 Kreasi Unik Meja Belajar Anak Dengan Bioduco Chalk Paint - meja belajar

Maka perhatikan juga bagaimana ukuran yang tepat dan memberikan kenyamanan bagi anak Anda. Apakah kursi  yang akan diduduki anak Anda dapat di masukan ke bawah meja juga perlu menjadi pertimbangan Anda. Hal ini juga akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal dari meja belajar tersebut.

4. Aksesoris

Meja belajar anak biasanya membutuhkan beberapa aksesoris yang tidak hanya untuk segi artsitik namun juga memiliki fungsi lain. Meja belajar biasanya akan membutuhkan laci dan juga rak. Daripada Anda kesulitan untuk membuat rak maka Anda bisa membuat meja belajar yang memiliki laci penyimpanan.

Untuk membuat inovasi, Anda juga bisa berkreasi untuk mendapatkan berbagai bentuk serta laci yang menarik. Membuat laci atau rak yang dapat dibongkar pasang juga bisa menjadi pertimbangan. Hal ini selain berguna sebagai tempat fungsional juga sebagai aksesoris.

5. Model

Apa Saja Syarat Meja Belajar Anak Yang Aman dan Tahan Lama?

Apakah anak Anda akan menyukai meja belajar yang akan Anda buat nanti? Jika Anda membayangkan anak Anda untuk senang mendapatkan meja belajar yang Anda buat maka pilihlah model yang tepat sesuai kesukaan mereka.  Anda bisa mencari inspirasi dari berbagai hal yang anak Anda gemari.

Misalnya tokoh kartun yang mereka sukai dan juga tokoh imajinasi yang mereka buat. Ini juga akan mempengaruhi lapisan cat yang akan Anda pilih nantinya. Dari semua syarat ini tetap saja konstruksi meja yang akan dibuat adalah bagian yang paling penting.

Anda tidak bisa mendapatkan meja belajar yang tahan lama jika tidak memperhatikan masalah konstruksi. Nah apapun model meja belajar anak yang akan Anda buat, pastikan konstruksinya kokoh. Sehingga meja tersebut bisa anak Anda gunakan dalam waktu lebih lama.

Syarat Keamanan Meja Belajar

Berbicara mengenai kekuatan meja serta kualitasnya yang terbaik, maka tak lepas juga dari faktor keamanan. Keamanan yang bisa didapatkan dari sebuah meja belajar anak adalah bagaimana Anda membuat konstruksinya dan juga finishing yang digunakan.

Dari kedua hal ini Anda bisa memilih bahan perekat yang aman dan juga cat yang tidak mengandung banyak toxic. Bahan perekat atau lem kayu yang banyak digunakan tukang kayu konvensional adalah lem dengan harga murah yang berbahaya.

Maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja syarat keamanan meja belajar  yang perlu Anda siapkan. Diantaranya adalah:

√ Menggunakan Lem Kayu yang Aman dan Berkualitas

Pernahkah Anda mendengar berita kecanduan lem? Nah Anda tentu tidak ingin masalah ini juga mengena anak Anda karena penggunaan lem kayu yang salah. Jika Anda tidak ingin polusi udara muncul karena lem maka pilihlah lem kayu water based yang aman dan juga tidak berbau.

Lem ini biasanya memiliki warna putih, bahkan ketika digunakan pada kayu juga tidak akan menyulitkan Anda ketika proses pengecatan. Jika Anda menggunakan lem biasa, bekas lem akan sulit dihilangkan bahkan cenderung membekas ketika Anda mengaplikasikan lapisan cat.

Nah, sebaiknya Anda menggunakan lem water based warna putih yang akan membantu mendapatkan hasil finishing yang halus dan rata. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan lem crossbond untuk meningkatkan kualitas finishing yang Anda lakukan.

√ Menggunakan Cat Kayu Water Based

Selain lem Anda juga perlu mempertimbangkan bahan cat manakah yang akan digunakan? Sama seperti lem, cat juga bisa menimbulkan bau yang keras dan merusak saluran pernapasan anak Anda. Menghindari masalah yang sama, sebaiknya Anda perlu memilih cat water based seperti cat kayu besi Orchid Enamel yang bebas logam berat.

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - orchid

Cat kayu besi Orchid sangat aman digunakan untuk mewarnai meja belajar anak karena tidak mengandung bau yang menggangu kegiatan belajar. Selain itu cat kayu besi Orchid adalah cat yang sangat mudah untuk diaplikasikan. Proses aplikasinya bahkan hanya membutuhkan peralatan dan bahan yang sederhana, yaitu berupa kuas dan juga air. Jika Anda akan mengaplikasikan pada kayu maka lapisi kayu dengan cat dasar kayu terlebih dahulu dengan primer coat.

Anda bisa mengaplikasikan Bioduco Primer Coat dengan alat semprot. Jika sudah kering, lakukan pengamplasan dan mulai aplikasikan Orchid Enamel Paint. Aplikasi cat menggunakan dengan kuas dan air ini bisa dilakukan hingga tiga atau empat kali lapis. Maka warna kayu asli dan juga tampilan serat akan tertutup dengan indahnya warna yang tersedia.

Selain mengandung VOC yang rendah yang memungkinkan ruang belajar anak sehat, ada warna-warna menarik yang bisa digunakan. Warna ini cerah dan terdapat 24 warna pilihan. Apabila Anda kesulitan memilih warna maka Anda bisa meminta anak Anda untuk memlih warna yang mereka sukai atau memilih warna sesuai dengan gaya kamar atau dimana Anda akan meletakan meja belajar.

Jika berbicara soal ketahanan, cat kayu besi Orchid dapat bertahan lebih dari 5 tahun terlebih jika digunakan pada dalam ruangan.  Meja belajar yang dilapisi dengan cat kayu besi Orchid akan memberikan tampilan semi gloss yang membuatnya bertahan lebih lama dan tidak mmemperlihatkan goresan akibat penggunaan meja yang sering.

Inspirasi Seputar Info Finishing

Itulah beberapa syarat keamanan meja belajar anak agar aman dan tahan lama untuk digunakan. Anda tentunya bisa mengaplikasikan berbagai produk dari Bio Industries untuk memenuhi kebutuhan finishing. Butuh inspirasi finishing lainnya dengan produk Bio Industries? Anda dapat mengakses beberapa kanal kami berikut ini untuk mendapatkan informasi tentang kreasi lainnya:

Website :

https://www.biovarnish.com/

https://www.bioindustries.co.id/

Facebook :

https://web.facebook.com/biovarnish/
Instagram :

https://www.instagram.com/biovarnish/
Youtube :

Bio Paint: https://www.youtube.com/user/bioindustries

DIY With Bio: https://www.youtube.com/channel/UCiGt592I_-cyNxG6uckiYmQ

Dimanakah Anda bisa Mendapatkan Produk Ini?

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bio Industries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.tokopedia.com/biocide-official

https://shopee.co.id/catkayu_com

https://www.tokopedia.com/biovarnish-official

https://www.tokopedia.com/catkayu-com

https://www.lazada.co.id/shop/cat-kayu-jakarta/

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bio Industries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Phn / fax: +62 274 388301
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Phn: +62.291.598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Phn: +62 231 320759
e-mail: [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top