Cara Membuat dan Mengatur Meja Belajar Berbahan Kayu Sendiri

Membuat meja belajar sendiri akan memberikan kepuasan bagi penggunanya. Jika Anda adalah salah satu DIY kayu, maka membuat meja belajar akan menjadi proyek baru yang dinanti-nanti. Tidak perlu memilih dan membeli meja belajar baru di toko furnitur, Anda bisa mendapatkan gaya dan desain bahkan warna yang sesuai dengan keinginan.

Cara Memilih Meja Belajar Aman dan Ramah Lingkungan

Dalam artikel ini Anda akan mempelajari bagaimana cara membuat meja belajar sendiri dan bagaimana Anda akan mengaturnya sebagai meja yang nyaman untuk digunakan.

Langkah Mudah Membuat Meja Belajar Sendiri

Dalam membuat meja belajar sendiri ini dirancang untuk menampung lemari arsip dua laci standar, berukuran tinggi 29 inci, lebar 15 1/4 inci, dan 22 inci dalam. Yang diatur di salah satu ujung sebagai salah satu meja pendukung. Jika lemari arsip yang Anda gunakan memiliki ukuran berbeda, Anda harus mengubah dimensi meja. Dimensi keseluruhan meja di proyek ini adalah 48 inci panjangnya, 24 inci secara mendalam, dan 29 3/4 inci tingginya.

1. Potong Panel untuk Membentuk Meja

Untuk memulai proyek, potong dua kayu 1 × 4 hingga 30 3/4 inci panjang, satu bagian dari 1 × 4 hingga 20 1/2 inci panjang, dan satu bagian dari 2 × 4 hingga 20 1/2 inci panjang. Atur 1 × 4 dan 2 × 4 potongan di tepi pada permukaan kerja yang datar dalam bentuk persegi panjang.

2. Atur Posisi Panel

Posisikan bagian sisi 2 × 4 dengan bagian luarnya menghadap ke belakang tepat 3/4 inci dari ujung depan dan belakang 1 × 4. Oleskan lem tukang kayu ke sendi dan setelah menyejajarkannya dengan hati-hati, tempelkan dengan dua paku masing-masing. Potong sepotong kayu plywood 3/4 inci sebesar 20 1/2 × 29 inci untuk panel ujung meja.

Posisikan panel ke sisi 2 × 4 pada sisi luar, di antara potongan depan dan belakang, dengan tepi atas rata dengan bagian atas bingkai meja. Oleskan lem ke siku dan lapisan lem yang banyak ke satu sisi sendi panel akhir / samping.

Amankan panel dengan menggerakkan sepasang paku melalui bagian depan dan belakang potongan kerangka dan ke tepi panel kayu lapis. Juga mendorong enam paku melalui muka panel ujung dan ke sisi panel 2 × 4. Potong kayu lapis 3/4 inci sepanjang 24 × 48 inci untuk bagian atas meja, dengan permukaan kayu lapis yang menghadap ke arah memanjang.

3. Beri Lem dan Paku di Bagian Tepi

Oleskan lem ke tepi atas perakitan panel meja dan posisikan bagian atas sehingga menggantung di belakang dengan 3/4 inci, di depan sebesar 11/4 inci, dan di sisi kanan oleh 1 inci.

Paku bagian atas meja ke rangka dengan paku yang harus didorong melalui bagian atas dan ke tepi anggota bingkai dan panel ujung. Kencangkan bagian atas meja dengan paku di setiap sudut, berjarak sekitar 2 inci dari sudut di setiap arah, dan ruangkan kuku yang tersisa sekitar 11 hingga 12 inci. Tambahkan tiga paku lagi ke dalam 2 × 4 bagian samping.

Potonglah bagian panel tepi rak agar muat di sepanjang tepi depan dan samping bagian atas meja dan untuk menutupi tepi depan panel ujung. Bekerja dengan hati-hati dan cocokkan setiap bagian dari panel secara individual. Jika Anda menggunakan cetakan persegi, sambungan butt dapat digunakan, tetapi panel bundar paling baik dipasang hingga 45 derajat untuk membentuk sudut sudut kanan yang sempurna di bagian atas.

4. Berikan Filler dan Lakukan Finishing

Oleskan lem ke sisi panel dan posisikan strip. Setelah berada di tempat, amankan strip dengan sekrup berukuran 3/4 inci. Dengan palu dan paku, masukkan semua paku sedikit di bawah permukaan kayu. Isi lubang paku, serta cacat pada permukaan kayu atau sambungan, dengan filler kayu. Kemudian, amplas selruh permukaan meja agar menjadi lebih halus.

Kursi Rotan Berwarna Hitam Pekat Dengan Cat Enamel Orchid - orchid

Terakhir melakukan finishing. Anda bisa menggunakan cat kayu besi Orchid untuk finishingnya. Anda bisa memilih berbagai macam waran. Cara aplikasinya dimulai dengan Bioduco Primer Coat untuk menutup warna kayu asli dan seratnya. Setelah kering dan diamplas kuaskan cat kayu besi Orchid yang telah dicampur air. Anda bisa melapisi meja hingga beberapa kali lapisan hingga mendapatkan warna meja yang diinginkan.

Pengaturan Meja Belajar yang Nyaman

Setelah Anda merancang dan menciptakan meja belajar hingga memberikan lapisan warna maka keesokan harinya setelah lapisan cat mengering dengan baik Anda perlu mengatur dimana akan meletakan meja dan bagaimana mengaturnya menjadi sedemikian rupa agar nyaman untuk digunakan.

Meja belajar Anda dapat berupa meja di kamar atau ruang belajar khusus, tetapi seharusnya ruang tersebut dirancang khusus untuk pekerjaan sekolah. Menilai kebutuhan Anda untuk membuat pengaturan meja belajar yang paling sesuai untuk Anda berikut ini saran yang bisa Anda ikuti.

⇒ Gaya Belajar

Rencanakan pengaturan meja belajar Anda sesuai dengan jenis alat yang akan sering digunakan dan apa yang akan sering dipelajari. Subyek yang berbeda membutuhkan alat dan rutinitas yang berbeda. Apakah subjek yang Anda pelajari adalah sains, sastra, atau sejarah, Anda mungkin memerlukan akses mudah ke komputer Anda.

Tentukan tempat untuk laptop Anda di meja belajar Anda, memungkinkan untuk kabel listrik dan jaringan. Bahkan jika banyak pembelajaran Anda dilakukan di komputer Anda, Anda harus menyertakan banyak ruang di meja belajar Anda untuk membaca, mencatat, dan menulis juga.

⇒ Pencahayaan

Pencahayaan yang tepat sangat penting untuk belajar produktif. Cahaya yang baik membuat Anda tetap terjaga dan berenergi, dan membuat membaca lebih mudah di mata Anda. Lampu langit-langit sangat membantu untuk pencahayaan ruangan umum, tetapi Anda juga harus memiliki lampu meja di permukaan kerja Anda untuk menerangi tugas-tugas tertentu. Posisikan lampu dengan lengan yang dapat disesuaikan di salah satu sudut meja Anda sehingga Anda dapat menyinari tempat Anda membutuhkannya.

⇒ Ruang Penyimpanan

Untuk membuat meja belajar Anda menjadi area kerja yang efisien, atur peralatan dan perlengkapan Anda sehingga mereka terorganisir dan mudah dijangkau. Jauhkan pensil, pena, dan stabilo dalam cangkir atau wadah lainnya.

Gunakan keranjang atau tempat sampah kecil untuk menyimpan kartu indeks, self-stick notes, thumb drive, kalkulator, stapler, klip kertas, dan persediaan lainnya. Simpan kertas dan majalah dalam menumpuk baki atau dalam folder akordeon. Tempatkan rak kecil atau buku di atas meja Anda untuk menjaga buku teks dan buku referensi berguna tetapi jauh dari jalan.

⇒ Personalisasikan dan Atur

Hanya karena Anda ingin meja belajar Anda menjadi zona kerja yang serius, bukan berarti itu harus membosankan. Buat meja Anda menstimulasi, bukan steril. Pilih aksesori dalam warna dan pola yang Anda suka. Simpan gambar berbingkai favorit atau katakan di tangan untuk motivasi dan inspirasi.

Ketika Anda menyiapkan meja belajar Anda, ingatlah untuk menjaga susunan tetap sederhana dan rapi. Tetapkan tempat untuk alat, persediaan, dan aksesori Anda, kemudian biasakan untuk menyimpannya kembali di tempat mereka berada setelah setiap sesi belajar.

Mengecat Meja Belajar Sendiri dengan Orchid Enamel Paint

Agar membuat meja belajar bisa lebih memiliki tampilan akhir yang menarik, Anda bisa memilih menggunakan cat untuk mewarnai meja belajar tersebut. Banyak cat kayu yang bisa digunakan untuk mengecat meja belajar kayu, tetapi apakah semua cat yang ada sudah aman untuk digunakan? Tentu saja jawabannya adalah tidak.

Penggunaan bahan finishing yang berasal dari solvent contohnya, meski banyak ditemukan di pasaran dan banyak digunakan. Cat solvent mengandung formaldehyde yang tinggi dan akan menimbulkan bau menyengat yang khas. Bau ini biasa disebut dengan bau cat, padahal jika lebih diperhatikan dan dibahas secara spesifik tentu saja bau tersebut berasal dari bahan cat tersebut yaitu formaldehyde.

Bau menyengat dari cat solvent yang diaplikasikan ini akan berbahaya jika terhirup manusia. Berbagai jenis penyakit berbahaya siap mengintai kesehatan siapa saja yang rutin dan banyak menghirup gas dari formaldehyde tersebut. Terlebih dengan tambahan penggunaan thinner sebagai bahan pengencernya yang akan menambahkan aroma tidak sedap.

Tapi, tentu saja ada cat yang aman untuk digunakan dan tidak menimbulkan bau berbahaya yang mengganggu. Anda bisa menggunakan cat kayu Orchid Enamel Paint yang merupakan cat water based dan ramah lingkungan. Penggunaan cat ini sangat mudah dan fleksibel digunakan untuk besi maupun kayu.

Anda bisa mengencerkannya dengan air bersih sehingga tidak membutuhkan thinner dan pastinya lebih murah karena bisa menghemat budget. Aplikasinya bisa menggunakan kuas maupun alat semprot. Simak selengkapnya mengenai cat Orchid Enamel Paint pada video dibawah ini.

https://www.youtube.com/watch?v=HZ0KZf5YTa0

Keunggulan Cat Orchid Enamel Paint

Menilik dari berbagai kemudahan aplikasinya, cat ini memiliki beberapa keunggulan yang dapat membantu Anda saat aplikasinya. Berikut ini diantaranya:

1. Cara Aplikasi Yang Fleksibel

Proses aplikasi yang fleksibel dari cat ini dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih Orchid Enamel Paint untuk finishing meja belajar sendiri. Dengan cara aplikasi yang fleksibel dan cepat, proses finishing meja belajar  akan berjalan lebih praktis. Anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pengencer cat ini. Selain itu, Orchid Enamel juga dapat anda aplikasikan menggunakan kuas ataupun spray.

produk cat Orchid

2. Lebih Hemat

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli bahan pengencer. Cukup dengan air bersih, anda sudah bisa mengencerkan cat Orchid dan siap diaplikasikan. Selain itu, Anda juga tidak memerlukan biaya tambahan untuk membeli alat finishing yang mahal. Karena anda sudah bisa menggunakan air dan kuas untuk finishing meja belajar dengan Orchid Enamel Paint.

3. Tahan Cuaca

Produk cat kayu besi ini diformulasikan untuk tahan dengan perubahan cuaca. Selain itu cat ini juga memiliki ketahanan yang baik pada air dan panas. Sengaja diformulasikan untuk menjadi cat yang mampu digunakan pada kebutuhan outdoor maupun indoor membuat cat ini sangat cocok digunakan untuk berbagai furniture kayu termasuk meja belajar.

4. Cepat Kering

Menggunakan cat yang cepat kering adalah hal yang penting. Proses finishing akan berjalan lebih cepat sehingga anda bisa menggunakan media yang telah difinishing dengan lebih cepat. Selain dapat memberikan tampilan warna solid yang baru, anda juga dapat melakukan finishing meja belajar dengan cepat. Cat ini dapat mengering sempurna sekitar 1 jam setelah anda aplikasikan.

5. Beragam Pilihan Warna Solid

Anda tidak perlu bingung saat memilih warna meja belajar kayu dengan cat Orchid Enamel. Terdapat 16 pilihan warna solid yang bisa dipilih dan digunakan. Sehingga Anda lebih mudah untuk memilih warna yang menarik untuk meja belajar kayu di rumah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top