Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang Benar untuk DIY

Mengaplikasikan cat kayu menggunakan kompresor bisa membantu Anda mempercepat finishing. Sebelumnya, Anda perlu belajar untuk menggunakan cat kayu dengan kompresor. Pastikan Anda menggunakan cara yang benar agar hasil aplikasi cat kayu yang diaplikasikan dengan kompresor dapat maksimal.

Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang Benar

Para DIY yang suka dengan pengecatan pasti sudah tidak asing lagi dengan kompresor. Mengecat menggunakan alat ini sangat praktis dan sangat mudah. Ada banyak material yang dicat? Maka kompresor akan mempercepat pengerjaannya. Bagi Anda yang masih bingung apa itu kompresor dan bagaimana cara menggunakannya dengan benar artikel ini akan menjelaskannya.

Baca Juga : cara mengecat pintu kayu baru yang mudah

Mengenal Kompresor dan Cara Menggunakannya

Kompresor adalah alat yang digunakan untuk mengumpulkan angin dan mengeluarkannya sesuai tekanan yang diinginkan. Sebenarnya fungsi kompresor adalah untuk angin dan untuk proses pengecatan dibutuhkan sebuah spray gun.

Sanding Sealer Mudah Amplas untuk Hasl Finishing Transparan
contoh spray gun HVLP berbagai ukuran

Spray gun inilah yang akan mengolah tekanan air sehingga dapat mengeluarkan cat kayu dan mengaplikasikannya pada material. Semua proses pengecatan memiliki kunci keberhasilan pada bagaimana Anda menggunakan spray gun dan memiliki kompresor yang baik dalam memberikan tekanan angin.

Baca Juga : cara menggunakan cat anti air untuk kayu jati yang benar dan tepat

Ada banyak kesalahan yang dilakukan saat mengecat menggunakan kompresor dan itu harus dihindari. Fungsi dari kompresor akan mempercepat pekerjaan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengecat sangat singkat dibandingkan dengan aplikasi kuas atau roll.

Namun yang perlu diperhatikan adalah pengecatan menggunakan alat ini membutuhkan lebih banyak bahan. Karena bahan yang terbuang ketika penyemprotan terjadi bisa dibilang tidak sedikit. Jadi Anda harus mempersiapkan area yang luas karena partikel cat akan berterbangan dan juga memenuhi ruangan.

Pemilihan Bahan Cat Kayu untuk Kompresor

Apapun bentuk furniture yang akan difinishing tidak terlepas dari pemilihan bahan finishing yang tepat. Apakah cat kayu yang akan dipilih dan apakah cat tersebut akan memberikan hasil terbaik dengan penyemprotan?

Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang Benar

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika Anda memilih bahan finishing yang akan digunakan untuk alat semprot.

Berikut ini faktor yang perlu dipertimbangkan :

√ Apakah kompatibel dengan spray gun

Tidak semua bahan cat dirancang untuk diaplikasikan dengan hasil sempurna menggunakan alat semprot. Ada spesialisasi hasil maksimal jika cat diaplikasikan menggunakan alat semprot atau kuas. Jadi pastikan pada kemasan cat kayu terdapat informasi aplikasi yang terbaik adalah menggunakan spray gun.

√ Apakah cat aman diaplikasikan di dalam ruangan

Tidak semua bahan cat yang diaplikasikan di dalam ruangan aman. Perhatikan faktor kesehatan Anda. Ada dua bahan cat yang bisa dipilih sesuai dengan pelarutnya yakni bahan cat solvent dan juga bahan cat water based. Kedua bahan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

cat water based vs solvent based

Bahan cat solvent akan mengeluarkan aroma yang sangat menyengat ketika proses pengecatan berlangsung. Partikel cat yang berterbangan ke seluruh ruangan akan sangat berbahaya dan juga tidak aman ketika digunakan. Ruangan tertutup tidak disarankan untuk aplikasi cat solvent.

Sebaliknya cat water based sangat aman digunakan di dalam ruangan. Efek berbahaya seperti sesak nafas tidak akan terjadi karena bahan pelarut yang digunakan hanyalah air dan tidak menimbulkan bau yang sangat menyengat. Nah jadi pertimbangkan untuk memlih cat water based.

√ Bagaimana dengan hasil finishingnya

Faktor terakhir adalah bagaimana dengan hasil finishingnya. Jika Anda tidak ingin hasil yang buruk selalu coba cat pada material lain sebelu disemprotkan ke permukaan furniture. Perhatikan apakah hasilnya halus dan juga rata. Tidak semua bahan finishing memberikan hasil yang halus dan rata.

5 Hal Penting Saat Memilih Pernis Kayu Water Based atau Solvent

Terutama pada masalah sagging yang seringkali muncul karena larutan cat terlalu encer. Masalah saging ini seringkali ditimbulkan akibat bahan cat yang berkualitas buruk. Cat yang bagus tidak akan menimbulkan saging yang akhirnya memperlihatkan cacat finishing.

Apabila Anda sudah bisa memperlihatkan dan mempertimbangkan ketiga faktor di atas maka Anda bisa mendapatkan cat kayu yang berkualitas baik untuk diaplikasikan menggunakan kompresor. Nah untuk salah satu bocoran jenis cat kayu semprot yang bisa digunakan adalah Biovarnish.

Cara Aplikasi Cat Kayu Semprot Biovarnish

https://www.youtube.com/watch?v=Zqq4wyGyGKo

Produk Biovarnish adalah produk cat kayu semprot water based yang akan memberikan hasil finishing menarik dan tahan lama. Proses aplikasi yang sangat mudah tidak akan membuat Anda kesulitan baik itu proses kering hingga hasil yang halus dan juga rata.

Ingin Anyaman Bambu Tampak Natural Gunakan Cat Kayu Yang Bagus Dan Tahan Lama - biovarnish

Bahan pelarut tidak akan membuat Anda boros untuk proses aplikasinya. Selain itu ada beberapa produk termasuk cat dasar kayu. Jika ingin warna natural Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer, Liquid Stain dan juga Clear Coat secara berurutan.

Sedangkan jika ingin mendapatkan hasil warna solid Anda bisa menggunakan Bioduco Primer Coat, Bioduco Solid Colour dan Bioduco Top Coat. Masing-masing akan dilengkapi dengan produk Wood Filler dan Wood Putty sesuai kebutuhan.

Sudah tidak sabar ingin mengetahui bagaimana cara menggunakan cat kayu dengan kompresor? Berikut ini langkah-langkah aplikasinya ketika menggunakan cat kayu Bioduco

1. Persiapan

Setiap akan aplikasi Anda harus melakukan persiapan. Persiapan termasuk menyiapkan alat, bahan cat dan juga material. Sebelum mengecat pelajari dahulu apa saja jenis bahan cat yang dibutuhkan dan apa saja langkah awalnya. Di sini Anda akan belajar cara menggunakan kompresor secara umum.

Pentingnya Sanding Sealer BioColours untuk Finishing Meja Cafe
Pengamplasan dengan hand sander

Material kayu harus diamplas terlebih dahulu. Gunakan amplas 180 hingga 220 sesuai dengan permukaan kayu. Pastikan Anda meraba dengan permukaan jari untuk merasakan kehalusan permukaan kayu. Bersihkan debu amplas dengan segera.

Jangan lupa untuk menutup bagian furniture yang terbuat dari logam. Gunakan isolasi kertas untuk menutupnya agar cat tidak merembes ke dalamnya.

2. Pencampuran bahan dan kompresor

Siapkan bahan cat yang akan digunakan. Jika Anda akan mengaplikasikan Bioduco Top Coat maka campurkan ke dalam wadah plastik dengan air. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air dan aduk rata, jangan sampai terdapat endapan cat.

Cara Menggunakan Cat Kayu dengan Kompresor yang Benar

Nyalakan kompresor dan pastikan Anda mendapatkan tekanan angin yang sempurna. Jangan terlalu tinggi karena akan terlalu kencang. Anda bisa mengatur rerulator pada 12 dan 25 PSI.

Pasang slang kopling pada pistol semprot. Pemasangan harus kencang dan tidak ada angin yang keluar atau bocor. Gunakan ulir hingga mengencang dengan baik. Maka komepresor dan juga spray gun sudah siap digunakan.

3. Penyemprotan

Anda akan menyemprot sehingga tuangkan terlebih dahulu larutan cat pada tabung spray gun dan hangan terlalu penuh karena bisa mudah tumpah. Tutup tabung hingga kencang. Mulai bukan katup matering sedikit, arahkan nozel spray gun pada sebuah material tidak terpakai dan tekanr tuas spray gun maka cairan cat akan keluar.

Perbandingan Cara Mengecat Kursi Kayu dengan Kuas dan Semprot

Perhatikan jika tidak keluar maka ada sesuatu yang tersumbat, keluarkan cat dan bersihkan menggunakan air sambil disemprotkan hingga air keluar. Jika keluar bersihkan tabung dan masukan cat kembali.

Jika sudah siap mengecat gunakan jarak alat semprot dengan permukaan furniture sekitar 10 hingga 15 cm. Agar lapisan cat benar-benar masuk ke dalam pori kayu gunakan cross atau penyemprotan silang yang berlawanan dengan arah serat.

Semprotkan semua permukaan furniture hingga rata dan tunggu kering. Jika sudah selesai langsing bersihkan tabung spray gun agar tidak terjadi penyumbatan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top