Apa Cat Kayu Rendah VOC yang Bagus untuk Finishing? Dapatkan Di Sini

Cat kayu selalu diperlukan dalam proses finishing pada furniture atau perabotan. Dengan cat yang rendah VOC justru akan jauh lebih aman bagi kesehatan dan lingkungan.

Beberapa masyarakat belum mengetahui pentingnya dalam memperhatikan kandungan bahan pada cat kayu. Pada umumnya, orang akan memilih cat dengan kualitas hasil yang bagus untuk furniture tersebut.

Cat dengan kandungan bahan yang aman akan jauh aman digunakan sebab tidak berdampak buruk pada kesehatan dan lingkungan. Cat yang digunakan untuk finishing dengan kandungan bahan yang aman adalah cat yang memiliki kandungan VOC yang rendah. Anda bisa menjumpai jenis cat yang rendah VOC pada cat kayu water based.

Cat Kayu

Memilih Cat Kayu yang Rendah VOC

Cat kayu yang terdapat pada toko bangunan atau pun toko cat pada umumnya adalah cat kayu  solvent based. Cat ini merupakan cat yang sering digunakan untuk finishing furniture atau perabotan kayu baik oleh industri kayu, mebel atau pun DIY.

Jenis cat solvent based sebenarnya adalah cat yang berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan sehingga tidak baik digunakan terutama jika berinteraksi langsung dengan orang yang menggunakannya. Sebab kandungan pada cat solvent terdapat logam berat seperti timbal atau merkuri yang dapat mengganggu kesehatan, diantaranya gangguan pernafasan, gangguan sistem syaraf atau bahkan kanker.

Atas faktor dasar tersebut, beberapa manufaktur cat kayu di Indonesia mulai mengembangkan cat water based yang jauh lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan rendah VOC. Salah satu cat water based yang memiliki daya rekat yang kuat, tampilan akhir yang bagus dan bahannya yang aman adalah Biovarnish. Untuk finishing, Biovarnish jauh lebih bervarian dan mudah dialikasikan. Adapun teknik aplikasi dengan Biovarnish sebagai berikut:

  1. Jika perlu, ampelas permukaan kayu untuk menghilangkan kotoran  dan sisa minyak yang masih menempel.
  2. Gunakan Biovarnish Wood Filler untuk menutup menyamarkan cacat pada kayu.
  3. Aplikasikan Biovarnish Wood Stain menggunakan kuas, tunggu hingga kering selama 60 menit kemudian ampelas halus
  4. Aplikasikan Biovarnish Clear agar tampilan akhir lebih optimal.

Biovarnish, Cat yang Ramah Lingkungan

Cat Kayu

Biovarnish merupakan cat kayu yang diformulasikan sebagai pengganti plitur atau pernis yang disesuaikan dengan standar regulasi keamanan bahan kimia internasional seperti US EPA dan ECHA. Sehingga kandungan bahannya tidak berbahaya, tidak beracun dan tidak berbau.

Tertarik dengan cat water based yang kandungan bahannya yang aman? Dapatkan informasi dan pemesanan melalui kontak berikut via phone maupun WhatsApp  ke no. 0822-1935-7399. Atau via market place kami di BukaLapak www.bukalapak.com/catwaterbased.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top