Cara Finishing Kursi Tamu Jati Minimalis dengan Cat Ramah Lingkungan

Kursi tamu berbahan kayu jati minimalis perlu difinishing dengan bahan yang ramah lingkungan. Finishing kursi tamu jati minimalis dapat dilakukan dengan cat rendah VOC. Cat rendah VOC untuk finishing kursi tamu jati lebih aman  dan ramah lingkungan untuk digunakan.

Mencari Finishing yang Ramah Lingkungan Pada Kursi Tamu Jati Minimalis

Mendapatkan finishing yang ramah lingkungan adalah peran penting yang harus dilakukan para pengrajin furnitur, dan para pelaku finishing lainnya. Jika Anda adalah pengusaha, furnitur maka pastikan jika furnitur yang telah Anda ciptakan bebas dari bahan kimia yang berbahaya. Lapisan cat akan sangat membahayakan kesehatan pekerja, ibu rumah tangga dan semua orang yang menggunakan furnitur tersebut.

Baca Juga : kombinasi warna cat plafon ruang tamu rumah minimalis terpopuler terbaru

https://www.youtube.com/watch?v=xoXt9wGHfFQ

Alasannya adalah bahan pelarut cat atau resin sebagian besar membutuhkan solvent. Yang di dalamnya mengandung logam berat seperti timbal, merkuri dan formalin yang sangat tinggi. Menghindari masalah kesehatan akibat adanya logam berat, maka para pengusaha atau pengrajin furnitur harus lebih bijaksana dalam menyikapi pemilihan bahan finishing.

Gaya Natural untuk Finishing Kursi Tamu Jati

Seperti misalnya bahan finishing yang harus dipilih pada furnitur kursi jati tamu minimalis. Desain atau gaya minimalis menekankan kesederhanaan namun memberikan banyak fungsi yang baik. Warna yang dominan untuk digunakan adalah warna putih atau warna natural yang memberikan kesan netral.

Baca Juga : cara mengecat meja kayu jati minimalis dengan cat kayu waterbased

Maka pada kasus kursi tamu dari kayu jati maka warna natural adalah pilihan yang sangat tepat. Selain memberikan efek netral dalam gaya minimalis, warna natural akan memberikan efek menarik pada furnitur tersebut. Keindahan dari kayu jati akan terlihat dengan sangat baik dan Anda akan memperlihatkan guratan dari lingkaran tahun yang tercipta dari alam.

Baca Juga : cara finishing kursi kayu dengan cat kayu warna mahoni

Jika kayu jati Anda lapisi dengan bahan cat yang mengandung solvent atau logam berat tinggi maka di dalam ruang tamu Anda akan banyak sekali toxic yang dihirup. Secara tidak sadar Anda membahayakan diri sendiri dan juga keluarga di masa mendatang. Anda yang ingin menghindari masalah ini baik kesehatan dan penampilan furnitur?Maka penggunaan cat kayu yang ramah lingkungan sangat diperlukan.

Apa Itu Cat Kayu Ramah Lingkungan?

Hampir semuanya tentang cat kayu ramah lingkungan bergantung pada senyawa organik yang mudah menguap (VOC). VOC berada di balik bau cat yang menyengat, dan ia memiliki kekuatan untuk membunuh kerja otak. Cat tidak hanya melepaskan VOC ke lingkungan Anda setelah aplikasi, tetapi akan terus bertahan disana selama beberapa tahun.

Cat kayu ramah lingkungan

Memilih cat kayu rendah VOC lebih penting daripada yang Anda bayangkan, bahkan untuk proyek proyek perabotan ukuran kecil. Kadar VOC pada cat menunjukkan seberapa banyak senyawa kimia berbahaya yang terdapat pada cat tersebut. Efek bau menyengat yang timbul pada cat solvent based bisa ditandai dengan tingginya kadar VOC pada cat tersebut.

Bukan hanya dari segi bau yang menyengat, pentingnya menggunakan cat kayu ramah lingkungan juga berkaitan dengan keamanan dan kesehatan anda. Pengaruhnya terhadap lingkungan sudah jelas buruk, bahkan bisa meningkatkan global warming. Namun pada kesehatan anda sebagai aplikator dan keluarga anda sebagai pengguna furniture nantinya, jelas ada bahaya yang mengancam pula.

Terganggunya kesehatan ditandai dengan gangguan kesehatan ringan seperti flu dan batuk dapat berujung fatal jika anda terus menggunakan cat yang tidak ramah lingkungan. Semua permasalahan kesehatan ini bisa berujung ke penyakit yang lebih serius seperti kanker. Jika anda tidak ingin mengalami masalah ini, sebaiknya anda beralih menggunakan cat yang lebih ramah lingkungan.

Mengenal VOC dan Bahayanya Pada Cat

Menurut Environmental Protection Agency (EPA), paparan VOC dapat menyebabkan sejumlah masalah, dari hanya gejala yang ringan hingga kondisi kesehatan yang parah. VOC dapat menyebabkan iritasi kulit, hidung dan tenggorokan yang tidak nyaman. Sakit kepala, reaksi alergi pada kulit, kesulitan bernapas, sesak napas, mual, dan kelelahan juga dapat terjadi.

Pada akhir yang lebih parah, VOC mempengaruhi sistem saraf Anda dan menyebabkan emesis, epistasis, dan pusing. Bahkan, bertentangan dengan gagasan populer, EPA telah menemukan bahwa polutan sering dapat berada antara dua hingga lima kali lebih tinggi di dalam rumah daripada di luarnya.

Apakah Pernis Kayu Jati Terbaik? Ini Cara Memilih, Aplikasi dan Perawatannya

Untungnya, ada banyak cat kayu interior dan eksterior di pasaran yang mengandung sedikit VOC atau tidak ada VOC. Tidak peduli jenis cat rumah ramah lingkungan apa yang Anda pilih, cari cat yang mengikuti regulasi yang telah ditetapkan oleh EPA. Cat ini akan mengandung VOC dengan kadar yang rendah sehingga tidak membahayakan.

Saat ini tidak ada standar resmi yang mengatur VOC di pengaturan non-industri. Namun cat yang dipasarkan dengan kadar VOC rendah harus mengandung kurang dari 50 gram per liter VOC per pedoman EPA. Tingkatnya bervariasi menurut produsen cat, yang berarti bahwa Anda masih akan mencium sedikit bau cat baru sampai mengering. Namun, begitu bau itu hilang, VOC masih bisa mengeluarkan gas untuk waktu yang lama.

Kebanyakan cat VOC rendah adalah lateks (berbasis air) daripada berbasis minyak. Cat berbasis minyak yang sangat beracun mengandung sejumlah besar VOC. Maka, sebaiknya anda mulai beralih ke cat yang memiliki kadar VOC lebih rendah agar lebih aman untuk diaplikasikan.

Finishing Kursi Tamu Jati Minimalis dengan Cat Rendah VOC

Anda yang ingin segera melakukan pengecatan kini sudah sangat mudah menemukan jenis cat yang rendah VOC. Salah satu produk yang direkomendasikan untuk digunakan tidak lain adalah cat Biovarnish. Produk Biovarnish series ini tersedia untuk berbagai macam warna kayu jati.

Mencari Finishing yang Ramah Lingkungan Pada Kursi Tamu Jati Minimalis

Jika Anda ingin melakukan pengecatan pada kursi tamu jati minimalis Anda sekarang juga maka cat Biovarnish series adalah pilihan yang sangat tepat. Sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh ECHA dan US EPA, Biovarnish hanya mengandung VOC di bawah 50 gram per liternya. Sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk masalah pencemaran lingkungan.

Didukung dengan proses aplikasi yang mudah, Anda bisa menggunakan empat bahan secara bertahap untuk kursi jati dengan tampilan natural transparan yang sempurna.

Cara Finishing Kursi Tamu Jati Minimalis dengan Biovarnish

Anda perlu menggunakan 4 produk Biovarnish untuk finishing kursi tamu jati minimalis. Diantaranya adalah Biovarnish Wood Filler, Biovarnish Liquid Stain, Biovarnish Sanding Sealer, serta Biovarnish Clear Coat. Kombinasi keempat produk ini akan bekerja sama melindungi dan memperindah tampilan kursi jati agar dapat digunakan lebih lama.

Keempat bahan ini akan memberikan finishing dengan pori kayu tertutup. Namun tetap memberikan transparansi yang sangat jelas. Berikut ini langkah langkah aplikasi Biovarnish untuk finishing kursi jati minimalis :

1. Persiapan

Siapkan kursi jati yang telah Anda buat atau Anda beli. Pengamplasan diperlukan untuk memperhalus sekaligus membuka pori kayu demi mempermudah lapisan cat merekat dengan baik. Gunakan amplas grit 220 dan bersihkan debu amplas sesudahnya.

2. Gunakan Wood Filler

Siapkan Biovarnish wood filler warna jati dan campurkan dengan sedikit air untuk pengeceran mempermudah proses aplikasi.

dempul

Gunakan kain bal atau kain lap kering dan bersih kemudian usapkan secara merata ke seluruh permukaan kursi jati sambil ditekan. Jika terdapat lubang Anda bisa mengisinya dengan wood filler menggunakan pisau pallet. Tunggu lapisan mengering dan amplas dengan amplas 240.

3. Lakukan Pewarnaan

Lapisan kedua adalah Biovarnish Liquid Stain, pilihlah warna jati atau sesuai dengan keinginan anda. Campurkan Liquid Stain dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air lalu aduk rata.

produk liquid stain

Kuaskan secara merata ke seluruh permukaan kayu dengan kuas busa. Aplikasikan searah serat kayu dan tunggu kering selama 60 menit. Amplas ambang dengan grit 400.

4. Gunakan Sanding Sealer

Setelah proses pewarnaan selesai, lanjutkan dengan tahap aplikasi Biovarnish Sanding Sealer. Cara aplikasinya mirip dengan proses aplikasi Liquid Stain. Jangan lupa untuk mengamplas lapisan Sanding Sealer secara ambang setelah kering diaplikasikan.

finishing metode spray

Penggunaan sanding sealer pada finishing kursi jati berfungsi untuk mengikat lapisan Liquid Stain dibawahnya dan lapisan Clear Coat diatasnya. Hal ini penting dilakukan agar hasil finishing lebih awet. Selain itu, aplikasi sanding sealer akan membuat hasil finsihing kursi jati menjadi lebih halus.

5. Aplikasikan Clear Coat

Lapisan akhir adalah Biovarnish Clear Coat Anda bisa memilih tampilan gloss atau matte. Gunakan clear coat yang telah dicampur dengan air perbandingan 2 bahan : 1 air.

Clear Coat Terbaik Untuk Finishing Furniture Rotan Tahan Lama - biovarnish clear coat

Kuaskan dengan kuas busa yang bersih searah serat kayu. Tunggu kering selama 24 jam dengan diangin anginkan pada suhu ruang agar hasil finishing bisa kering sempurna dan kursi jati siap digunakan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top