Mengisi Waktu Ramadhan dengan Finishing Ulang Pintu, Ikuti Tipsnya

Melakukan finishing ulang pintu kayu dapat anda lakukan kapan saja, termasuk pada bulan Ramadhan. Untuk mendapat hasil finishing ulang pintu kayu, sebaiknya gunakan bahan finishing yang berkualitas agar mendapat hasil finishing ulang pintu kayu yang terbaik.

Finishing Ulang Pintu Kayu

Memiliki tampilan pintu dan kusen di rumah yang mulai memudar adalah tanda bahwa anda harus melakukan proses finishing ulang. Sebelum melakukan finishing ulang, anda perlu memastikan bahan finishing apa yang akan digunakan. Jangan lupa juga untuk melakukan teknik finishing ulang yang tepat.

Baca Juga : tips mengecat kayu dengan cat varnish kayu biovarnish

Simak artikel ini untuk mengetahui bahan finishing yang tepat untuk digunakan dalam proses finishing ulang pintu kayu. Selain itu, anda juga dapat mengetahui bagaimana cara melakukan finishing ulang pintu kayu yang tepat.

Memilih Bahan Finishing Ulang untuk Pintu Kayu

Pemilihan bahan finishing untuk melakukan finishing ulang pintu kayu adalah hal yang penting untuk diperhatikan. Anda harus memastikan menggunakan jenis cat yang terbaik, bahkan harus lebih baik daripada cat kayu sebelumnya. Agar proses finishing dapat anda lakukan kapan saja dalam kondisi cuaca bagaimanapun, sebaiknya pilih cat kayu yang fleksibel terhadap cuaca. Sehingga anda dapat tetap melakukan finishing meskipun dalam kondisi hujan maupun kondisi penuh terik sinar matahari.

Baca Juga : cara finishing dengan dempul kayu untuk mengisi bolong lubang kayu

Anda dapat menggunakan cat kayu water based yang lebih fleksibel terhadap berbagai jenis cuaca. Selain itu, penggunaan cat water based juga akan membantu membuat proses finishing berjalan lebih murah karena anda hanya membutuhkan air sebagai bahan pengencernya. Anda tidak membutuhkan bahan pengencer lain seperti thinner untuk mengaplikasikannya.

cat water based vs solvent based

Tentu saja hal ini membuat proses finishing lebih hemat dan aman. Penggunaan thinner sebagai bahan pengencer akan menyebabkan kandungan VOC pada cat menjadi lebih meningkat. Timbulnya bau menyengat saat proses aplikasi bahkan saat pertama kali anda membukanya dapat membahayakan kesehatan anda. Jika anda terus menggunakannya dalam waktu lama, aplikasi cat solvent based akan membuat kesehatan anda terganggu. Dari mulai gangguan pernafasan hingga masalah penyakit serius seperti kanker akan muncul.

Sebaiknya, gunakanlah cat kayu water based dari biovarnish yang telah terbukti aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Anda bisa mengaplikasikan cat ini tanpa takut akan bahaya yang mengancam kesehatan. Proses aplikasinya juga fleksibel, dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Diformulasikan mengikuti standar regulasi bahan kimia internasional, membuat cat ini aman dan ramah lingkungan untuk diaplikasikan.

Persiapan Finishing Ulang

Pintu adalah bagian rumah yang sangat penting selain sebagai jalan keluar masuknya antar ruangan, pintu adalah bagian yang dapat diperhatikan dari luar rumah. Tampilan pintu utama di rumah anda harus diperhatikan, jika sudah mulai pudar segera lakukan finishing ulang dengan cat water based biovarnish untuk hasil terbaik.

Finishing Ulang Pintu Kayu

Untuk melakukan finishing ulang pintu kayu, siapkan alat-alatnya seperti:

  • Pistol pemanas
  • Amplas
  • Pisau scrape
  • Sarung tangan
  • Masker

Anda dapat memulai proses persiapan dengan menghilangkan lapisan cat sebelumnya, caranya:

  1. Pertama pastikan pintu kayu dalam keadaan bersih dan juga kering. Jika pintu basah gunakan lap atau hairdryer untuk mengeringkannya. Gunakan sarungan tangan dan juga masker untuk melindungi diri Anda.
  2. Amplas permukaan pintu kayu dengan amplas kasar, hal ini dilakukan untuk membuka lapisan flm sehingga proses pengelupasan dengan pistol pemanas lebih mudah. Jika Anda memiliki hand sander sebaiknya gunakan untuk mempercepat prosesnya. Bersihkan debu amplas.
  3. Nyalakan pistol pemanas, tunggu hingga panas merata. Panaskan permukaan pintu kayu dengan pistol pemanas dengan jarak 15 - 20 cm di atasnya. Gerakkan pistol pemanas dari area kecil ke area yang lebih lebar dan searah dari kiri ke kanan.
  4. Ketika lapisan cat sudah menggelembung dan meleleh, saatnya menggunakan pisau scrape untuk mengikis lapisan cat tersebut.
  5. Jika seluruh bagian cat sudah terkikis, amplas seluruh permukaan pintu hingga halus merata.

Penggunaan pistol pemanas ini bisa mengakibatkan pintu kayu sedikit terbakar. Namun jangan panik Anda bisa mematikan pistol dan padamkan api dengan air. Jika Anda sudah menguasai teknik ini pada pintu maka Anda bisa mencobanya pada jenis furniture yang lainnya.

Langkah Mengecat Ulang Pintu Kayu dengan Sempurna

Kini Anda sudah mendapatkan permukaan kayu yang terbebas dari lapisan cat yang lama. Saatnya Anda memoles ulang dengan cat untuk pintu kayu yang bagus. Pintu harus dicat dengan cat pintu yang berkualitas bagus dan tahan  terhadap perubahan cuaca. Seperti yang telah dikatakan di awal cat untuk pintu kayu yang bagus adalah cat water based biovarnish karena proses aplikasinya lebih fleksibel

Finishing Ulang Pintu Kayu

Berikut ini langkah mengecat ulang pintu dengan cat Biovarnish:

  • Aplikasikan Biovarnish wood filler untuk mengisi pori-pori kayu atau memperbaiki cacat pada pintu kayu. Anda dapat mengaplikasikannya menggunakan pisau scrape. Aplikasikan secara halus merata, tunggu mengering sekitar 20 menit lalu amplas dengan kertas amplas 240 hingga halus dan serat kayu terlihat.
  • Lanjutkan dengan proses pewarnaan menggunakan Biovarnish liquid stain untuk memberikan hasil finishing natural transparan. Encerkan dengan air bersih pada perbandingan 2:1, lalu kuaskan hingga merata ke seluruh permukaan pintu kayu. Tunggu kering sekitar 60 menit lalu amplas ambang dengan kertas amplas nomor 400. Anda dapat mengulangi tahap ini jika diperlukan.  Kayu Cedar : Pengolahan hingga Cara Finishingnya yang Mudah
  • Gunakan Biovarnish sanding sealer untuk menghiangkan bulu kayu dan mempertajam warna. Cara aplikasinya sama dengan liquid stain. Tunggu mengering lalu lanjutkan ke tahap selanjutnya.  Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - aplikasi sanding sealer
  • Terakhir, aplikasikan biovarnish clear coat yang akan membentuk lapisan film. Lapisan cat ini sangat penting untuk memberikan perlindungan pintu dari perubahan cuaca sehingga warna kayu tidak pudar. Caranya  sama dengan aplikasi liquid stain dan sanding sealer. Tunggu mengering sempurna selama 24 jam untuk hasil terbaik.

Nah dengan langkah mudah di atas maka pintu akan tampil dengan warna yang baru. Masih memperlihatkan kesan natural kayu membuat suasana alam yang segar pada rumah Anda. Penampilan ini bisa bertahan lebih lama bahkan lebih dari 3 tahun sejak anda melakukan finishing.

Dimanakah Anda bisa Membeli Cat Water Based Biovarnish?

Anda bisa membeli berbagai varian produk biovarnish lainnya di service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta

Indonesia 55162

Phn / fax: +62 274 388301

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan Jepara, Jawa Tengah 59417

Phn: +62.291.598992

e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phn: +62 231 320759

e-mail: [email protected]

Anda juga dapat membeli berbagai varian produk biovarnish secara online melalui beberapa kanal kami berikut ini:

Website : https://www.biovarnish.com/

Facebook : https://www.facebook.com/officialbiovarnish/

Instagram : https://www.instagram.com/biovarnish/

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top