Memilih Jenis Pori Lantai Kayu Terbaik untuk Permudah Pengecatan

Jenis pori kayu memang sangat beragam, termasuk saat sudah diolah menjadi lantai. Agar awet digunakan, sebaiknya Anda perlu mengatasi berbagai jenis pori yang ada pada lantai kayu. Anda bisa menggunakan beberapa teknik finishing maupun mengaplikasikan bahan finishing. Pelajari mengenai berbagai jenis pori kayu serta cara mengatasinya pada lantai kayu di artikel ini.

Ketika sepotong kayu dipotong melalui ujung atau bagian melintang pembuluh sel, itu menciptakan pori-pori. Pori-pori hanya dapat ditemukan di kayu keras, dan bisa besar dan berbeda, seperti pohon ek merah. Kayu dengan pori-pori sangat kecil seperti maple bisa sangat sulit untuk dilapisi bahan finishing. Kayu keras dapat diklasifikasikan dalam tiga jenis jenis pori yang berbeda: cincin-porous (ring porous), difus-porous, atau semi-ring-porous.

Mengenal Berbagai Jenis Pori Kayu untuk Lantai

♦ Kayu Ring Porous

Jenis kayu ini memiliki pori-pori besar yang terletak di bagian awal kayu dari cincin pertumbuhan. Seringkali, mereka menciptakan pori yang tidak rata dan kecenderungan untuk terpecah dengan mudah, karena kelemahannya. Jenis kayu seperti ash dan elm dan umumnya bertekstur kasar.

Kayu ring porous diinginkan untuk jenis olahan kayu yang perlu dipecah di sepanjang pori seperti spindle kursi. Mereka sering memiliki masalah dengan bahan finishing karena pori-pori besar mereka. Ini bisa diselesaikan dengan mengisi pori-pori sebelum pengecatan. Pori-pori yang lebih besar juga bisa menyebabkan ujungnya berdarah kembali jika kolam-kolam yang ada di dalamnya terkumpul di dalamnya.

♦ Kayu Difuse Porous

Kayu yang berpori-pori seperti maple, poplar, dan cherry umumnya memiliki pori pori yang lebih kecil yang didistribusikan secara merata di seluruh area pertumbuhan awal dan pertumbuhan akhir mereka. Banyak dari hutan-hutan ini tidak akan menimbulkan masalah ketika pemilihan bahan finishing.

Difuse porous pada kayu diamati dengan mikroskop

Tetapi beberapa kayu seperti mahoni dan birch, memiliki pori-pori yang relatif besar. Pastikan untuk mengisi pori-pori ini saat Anda akan membuat permukaan yang indah.

♦ Kayu Semi Ring Porous

Terakhir, jenis kayu dengan semi-ring-porous berada di suatu tempat di tengah-tengah yang disebutkan di atas. Mereka memiliki pori-pori yang terdistribusi secara merata seperti hutan berpori-pori. Tetapi memiliki pori-pori yang lebih besar seperti ring porous porous. Mereka semi kasar, dan membutuhkan beberapa pengisian pori sebelum finishing, pengamplasan dan pewarnaan.

semi diffuse porous

Riftsawn adalah yang terbaik kedua sementara plainsawn jatuh mati karena jumlah lantai kayu yang dapat mereka ekstrak dari satu pohon dan dipasang dengan benar serta memberikan waktu aklimatisasi yang tepat sangat langsing dan sering kali berupa warps atau cangkir seiring berjalannya waktu.

Ini bukan untuk mengatakan bahwa hanya kayu gelintir yang harus digunakan, tetapi Anda harus mempertimbangkan jenis pekerjaan lantai yang akan dilakukan sebelum berinvestasi di lantai kayu Anda.

Kualitas Lantai Kayu yang Dibutuhkan

Jika Anda ingin menambahkan karakter dan nilai ke rumah Anda dengan menambahkan lantai kayu, Anda memiliki beberapa jenis yang berbeda untuk dipilih. Terutama pilihan Anda jatuh ke dalam tiga kategori ini: Kayu keras padat, lantai kayu yang dibuat, dan lantai laminasi.

√ Lantai Kayu Solid (Keras dan Padat)

Dalam kayu keras padat, setiap papan terbuat dari kayu padat dan digiling dari sepotong kayu. Ini menciptakan tampilan klasik dan memungkinkan untuk desain paling custom. Kayu yang direkayasa dapat muncul hampir identik dengan kayu keras, dan terdiri dari tiga hingga lima lapisan dalam bentuk papan atau strip. Lapisan atas terdiri dari kayu keras premium yang dipatuhi inti, yang dapat dibuat dari berbagai bahan.

Memilih Jenis Pori Kayu Terbaik untuk Lantai untuk Mempermudah Pengecatan
Lantai kayu solid oak

Lantai kayu keras adalah pilihan yang cocok untuk menciptakan ruang yang elegan di permukaan tanah atau di atasnya. Kayu ini tidak cocok untuk instalasi di bawah tanah, karena rentan terhadap fluktuasi air dan suhu. Namun, lantai kayu keras yang sudah jadi dilindungi dengan banyak lapisan lapisan urethane. Membuatnya lebih tahan lama. Ini memungkinkan pemasangan di area bertekanan tinggi seperti dapur.

Jika lantai kayu tidak difinishing dari pabrik, maka selalu bisa diampelas dan diperbaiki agar terlihat seperti baru, jadi tidak pernah harus sepenuhnya diganti.

Lantai kayu solid hadir dalam banyak pilihan gaya. Kayu keras eksotis, atau kayu dari seluruh dunia, menawarkan pori-pori kayu yang unik. Gaya lain termasuk “handscraped” dan hardwood yang tertekan, yang diberi tampilan antik, tertekan oleh tangan atau mesin, masing-masing. Lantai parket, terbuat dari geometrik, blok persegi panjang dari kayu, adalah pilihan lain.

√ Lantai Kayu Buatan Pabrik

Jenis lantai kayu yang dibuat dapat menjadi pilihan terbaik untuk renovasi karena berbagai metode pemasangan yang dapat digunakan, berbagai permukaan yang dapat diterapkan dan daya tahannya. Kayu yang dibuat biasanya dapat dipasang di atas lantai yang ada, dan bahkan pada beton. Tidak seperti kayu keras, itu dapat digunakan di ruang bawah tanah dan dipasang dengan pemanas lantai berseri-seri.

Sistem pemasangan yang dipatenkan membuat pemasangan lebih cepat, dan mengganti papan dengan mudah. Kayu yang sudah dibuat bahkan bisa “melayang” di atas permukaan, yang dipegang oleh tepi ruangan dan papan yang dikunci bersama. Produk kayu yang direkayasa seringkali harganya lebih mahal daripada kayu keras. Tetapi mereka meniru fitur-fitur indah kayu keras, bahkan eksotik, dan sangat kuat.

√ Lantai Kayu Laminasi

Lantai yang dilaminasi adalah pilihan yang paling murah dan paling nyaman bagi banyak orang. Mereka dapat digunakan di area mana pun di rumah, dan sering dipasang dalam satu hari. Mereka adalah pilihan yang paling tahan lama dan hampir tidak memerlukan perawatan.

Lantai yang dilaminasi ramah lingkungan karena menggunakan produk sampingan kayu dan kertas, dipasang tanpa menggunakan perekat kimia, dan memiliki konten yang dapat didaur ulang.

Memilih Jenis Kayu Terbaik untuk Lantai

Memilih lantai kayu terbaik untuk rumah Anda melibatkan persiapan. Penting untuk mengidentifikasi tampilan yang Anda inginkan, kebutuhan lantai khusus Anda, dan di mana lantai akan digunakan. Ketika Anda membiasakan diri dengan berbagai varietas, kualitas dan daya tahan lantai kayu. Anda dapat menentukan anggaran terbaik untuk diri sendiri dan membuat keputusan yang paling tepat.

Memilih Jenis Pori Kayu Terbaik untuk Lantai untuk Mempermudah Pengecatan

Tampilan lantai kayu biasanya titik awal dalam pengambilan keputusan ini. Sementara warna kayu harus selaras dengan dekorasi rumah, bangunan atau ruangan, lantai itu sendiri perlu bertahan dalam ujian waktu. Itulah mengapa memahami tingkat (kekerasan) lantai sangat penting. Tingkat lalu lintas pejalan kaki di mana lantai akan dipasang harus dipertimbangkan ketika memilih warna dan jenis kayu.

Kayu yang diwarnai lebih terang cenderung menunjukkan keausan yang lebih sedikit daripada yang lebih gelap. Warna dan jenis kayu yang Anda pilih juga bisa menjadi faktor penting dalam nilai jual kembali rumah Anda.

Memahami jenis lantai kayu yang diinginkan pembeli akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas. Lantai ramah lingkungan, seperti bambu lestari dan lantai kayu reklamasi unik, sangat menarik bagi pembeli yang sadar lingkungan saat ini.

Ada beberapa jenis lantai kayu, masing-masing dirancang agar sesuai dengan kebutuhan yang berbeda. Diantaranya adalah lantai kayu solid, lantai kayu pre finished dan lantai kayu akrilik.

— Lantai Kayu Solid

Jenis lantai kayu ini adalah lantai kayu dengan kualitas tertinggi dan dapat bertahan 100 tahun atau lebih dengan perawatan yang tepat. Lantai kayu solid membutuhkan instalasi profesional dan biasanya merupakan pilihan lantai paling mahal.

— Lantai Kayu Pre Finished

pre finished merbau flooring

Pilihan lantai kayu yang satu ini dilengkapi dengan pewarnaan yang tahan lama dan mudah dipasang. Jenis lantai kayu yang belum selesai ini memungkinkan Anda untuk memilih warna noda Anda sendiri dan menyelesaikan tetapi melibatkan upaya seperti pengamplasan.

— Lantai Kayu Akrilik

Sementara lantai kayu akrilik bisa juga menjadi pilihan Anda. Lantai kayu akrilik sangat baik untuk area lalu lintas tinggi karena tahan gores dan sangat tahan lama.

Keputusan akhir tentang lantai kayu seringkali mengarah pada keterjangkauan. Sementara beberapa orang mungkin mencari cara yang paling murah untuk menutupi lantai, kebanyakan orang menginginkan nilai terbaik untuk uang mereka. Ini adalah salah satu faktor yang paling penting untuk dipertimbangkan karena bahkan pengeluaran yang sedikit lebih besar pada kayu berkualitas lebih tinggi dapat menambah nilai yang secara eksponensial lebih besar.

Cara Mengisi Pori Lantai Kayu

Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasi pori pada lantai kayu. Agar lebih awet digunakan, sebaiknya tutuplah seluruh pori pada lantai kayu Anda. Sebab pori kayu yang terbuka pada lantai kayu hanya akan mempercepat kerusakan. Terlebih jika sering terkena air dan kondisi cuaca yang lembab.

Rangkaian produk Biovarnish

Untuk mengatasinya, Anda perlu menggunakan wood filler serta sanding sealer. Terdapat berbagai macam merk filler kayu dan sanding sealer di Indonesia. Namun, kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan merk Biovarnish water based.

Bukan hanya aman untuk digunakan, Anda juga akan lebih mudah dan cepat saat mengaplikasikannya. Ingin tahu bagaimana cara aplikasinya? Simak langkah mudah mengatasi pori pada lantai kayu berikut ini:

1. Lakukan Persiapan

Sebagai langkah awal, pastikan lantai kayu Anda sudah dalam kondisi kering dan siap difinishing. Lakukan pengamplasan terlebih dahulu agar proses finishing lebih aman dan mudah dilakukan. Gunakan kertas amplas alumunium oxyde nomor 240 dan dilanjutkan dengan nomor 320.

Amplas hingga halus dan seluruh permukaannya terasa rata. Kemudian bersihkan debu sisa proses pengamplasan untuk melanjutkan ke tahap selanjutnya.

2. Aplikasikan Wood Filler

Sumber video : Klik Disini

Setelah mendapatkan permukaan yang halus dan rata, Anda bisa mulai mengaplikasikan Biovarnish Wood Filler. Produk ini berfungsi sebagai dempul kayu yang mampu mengisi pori kayu dengan baik. Anda juga bisa mengatasi cacat kayu menggunakan filler dari Biovarnish ini.

Manakah Dempul Kayu Terbaik? Bandingkan Dempul Buatan Sendiri dan Pabrikan

Aplikasikan menggunakan pisau scrape atau menggunakan scrub ke seluruh permukaan lantai kayu. Tunggu kering sekitar 20 menit setelah diaplikasikan. Lalu amplas hingga seluruh lapisan wood filler hilang dan serat kayu terlihat dengan jelas.

3. Gunakan Sanding Sealer

Sumber video : Klik Disini

Setelah aplikasi filler kayu, lanjutkan dengan aplikasi Sanding Sealer Biovarnish. Anda bisa menggunakan Biovarnish Sanding Sealer setelah diencerkan terlebih dahulu. Encerkan dengan air bersih dengan perbandingan 2 bahan : 1 air bersih.

Sudahkah Lantai Kayu Anda Menggunakan Biovarnish Sanding Sealer - Sanding Sealer Biovarnish

Aduk hingga merata lalu aplikasikan dengan kuas, alat spray ataupun roll ke seluruh permukaan lantai kayu. Tunggu seluruh lapisan sanding sealer kering sempurna sekitar 60 menit setelah aplikasi lalu amplas ambang dengan kertas amplas grit 400.

Aplikasi sanding sealer juga dapat membantu menutup pori kayu yang belum tertutup sempurna pada saat aplikasi wood filler. Selain itu, lantai kayu juga akan lebih halus dengan aplikasi sanding sealer karena bulu kayu akan terpotong dan terkunci setelah aplikasi sanding sealer.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top