Kualitas Veneer sebagai Kabinet Dapur dan Cara Mengecatnya yang Mudah

Veneer adalah sepotong kayu yang sangat tipis yang melekat pada papan partikel atau jenis kayu yang diproduksi lainnya. Veneer digunakan untuk mengurangi biaya produksi tanpa mengorbankan keseluruhan penampilan, salah satunya kabinet dapur.

Veneer adalah sepotong tipis kayu keras yang ditempatkan di atas sepotong kayu yang diproduksi. Ini dapat dilekatkan menggunakan perekat, paku atau sekrup. Veneer sering digunakan pada lemari, furnitur, dan lantai. Bingkai dan rak-rak unit terbuat dari papan partikel, MDF atau kayu lapis, tetapi permukaan yang dapat dilihat ditutupi dengan veneer.

Ini memberikan kesan bahwa produk ini adalah kayu keras padat, tetapi jauh lebih efektif biaya bagi banyak pemilik rumah. Veneers tersedia dalam berbagai biji-bijian dan selesai, dan mereka biasanya jauh lebih konsisten dalam penampilan daripada kebanyakan produk kayu keras. Beberapa tukang kayu membuat pelapis sendiri, sementara yang lain membeli vinir dari pabrik. Veneer sangat cocok untuk panel pintu, sisi yang terbuka dan area kabinet interior yang dapat dilihat.

Veneer sebagai Material Kabinet Dapur

Ada kepercayaan umum bahwa furnitur yang dibuat dengan veneer adalah sesuatu yang harus dihindari, dan kayu solid selalu lebih baik. Veneer berarti lapisan tipis kayu yang direkatkan ke papan kayu lainnya. Pembuat kabinet akan mengatakan bahwa faktor ketebalan, pengerjaan dan kondisi menentukan apakah pelapisan baik atau buruk.

Veneer bukanlah penemuan modern. Ribuan tahun yang lalu, pekerjaan veneer yang hebat di ebony dan gading dimasukkan ke makam Raja Tut di Mesir. Teknik veneer di Renaisans menjadi sangat canggih, menggunakan potongan-potongan kecil kayu eksotis dan gandum burl untuk menciptakan desain yang rumit atau adegan mewah, yang disebut pekerjaan marquetry atau intarsia. Banyak perabotan kerajaan terbaik selama ratusan tahun digunakan konstruksi veneer mewah, menggunakan jenis kayu terbaik dan potongan-potongan kecil burl atau biji-bijian eksotis.

Pembuat lemari selalu mencari papan dengan butiran yang sangat indah, seperti garpu pohon mahoni untuk “nyala api”, atau “burl” keriting yang ditemukan di dekat simpul pohon kenari. Papan lebar dari kayu yang indah sangat indah, tetapi cenderung melengkung dan melengkung dari waktu ke waktu. Teknik pelapisan ini memungkinkan kayu berbutir indah ini direkatkan pada kayu yang lebih stabil dengan butiran yang kurang menarik untuk hasil yang indah dan tahan lama. Penampilan yang menarik pada permukaan melengkung adalah penggunaan veneer lain, misalnya, cangkang melengkung dari grand piano selalu dilapisi.

Mulai tahun 1800-an, veneer dipekerjakan untuk membuat kayu berharga seperti mahoni atau kenari lebih jauh dengan menempelkannya ke spesies yang kurang berharga, seperti maple atau birch. Sekitar tahun 1900, pohon gandum atau pohon oak yang sangat berharga sering dilapisi dengan kayu oak padat biasa.

Banyak contoh karya veneer telah bertahan selama ratusan tahun. Perbaikan veneer membutuhkan tukang kayu yang terampil, tetapi bisa dilakukan. Veneer tua tahan lama, dan bisa diubah atau diamplas dan diperhalus lagi dan lagi.

Mulai sekitar tahun 1970, produsen furnitur industri mengembangkan teknik pembuatan tipis veneer secara bertahap, dan hari ini, veneer kayu setipis 1/64 inci! Veneer modern ini tampak seperti kertas ketik, hampir transparan, dan tidak pernah bisa diampelas, dihaluskan atau disentuh secara signifikan jika rusak.

Pada perabotan dan lemari dapur paling modern, veneer tidak dilekatkan pada kayu alami, melainkan dilekatkan pada papan partikel, yang merupakan campuran serbuk gergaji dan lem yang ditekan ke dalam lembaran besar. Seringkali ujung-ujungnya selesai dengan kayu asli, sehingga konstruksi veneer dan papan partikel tidak terlihat. Pada furnitur dan lemari yang lebih baik, kayu asli digunakan di mana itu menunjukkan – kaki, mengangkat panel, tepi, dll.

Kebanyakan perabotan baru dibangun dengan cara ini, dan sering diiklankan sebagai “kayu keras dan veneer padat,” meskipun hal ini tentunya bukan apa yang kebanyakan konsumen maksudkan dengan “kayu.” Konstruksi ini memiliki beberapa keuntungan: 1) papan partikel tidak t melengkung seperti kayu sungguhan kecuali menjadi basah, 2) melestarikan kayu keras yang berharga, dan 3) mendaur ulang serbuk gergaji, yang seharusnya berada di tempat pembuangan akhir. Kebanyakan furnitur utama telah dibangun dengan cara ini selama beberapa tahun. Furnitur baru seperti pemanggang baru atau TV, bersifat sementara, tidak pernah diperbaiki atau dipulihkan, dan jelas bukan pusaka untuk generasi berikutnya.

Mengenal Veneer Kayu Hingga Pengecatannya

Selalu ada pengerjaan yang baik dan buruk dalam furnitur berlapis, sama seperti yang ada pada furnitur kayu padat. Veneer tua yang memiliki gelembung, bagian yang longgar, potongan yang hilang dan sebagainya sulit diperbaiki.

Veneer tua yang dalam kondisi bagus mungkin akan tetap dalam kondisi bagus, dan dapat diperbaiki atau dipulihkan ketika diperlukan, mungkin jauh di masa depan. Veneer modern adalah masalah lain sepenuhnya. Ultra-thin veneer memiliki tempat di furnitur baru yang dimaksudkan untuk digunakan dan kemudian dibuang ketika dipakai, daripada dipulihkan untuk generasi mendatang.

Seberapa buruk veneer kayu pada furnitur? Seperti Oscar Wilde berkata, “Kebenaran jarang murni dan tidak pernah sederhana.” Sejarah veneer pada furnitur adalah tradisi yang panjang dan terhormat, dan jawabannya tergantung pada pengerjaan, kondisi dan ketebalan veneer itu sendiri.

Cara Mengecat Kabinet Dapur dari Veneer

Mengenal Veneer Kayu Hingga Pengecatannya

Dengan pengetahuan dan alat konstruksi tingkat awal, Anda bisa mengecat veneer lemari dapur Anda dalam satu sore. Kompilasi alat dan bahan Anda, dan kemudian ikuti langkah-langkah yang diuraikan untuk mengubah tampilan kabinet Anda.

Langkah 1 – Pilih Cat Anda

Anda dapat menggunakan jenis cat enamel apa pun yang Anda inginkan. Namun, perlu diingat bahwa cat berbasis air jauh lebih mudah dibersihkan jika Anda menumpahkan atau memercikkannya.

Langkah 2 – Lepaskan Pintu dan Laci

Selanjutnya, lepaskan pintu, laci, dan semua perangkat keras. Tetapkan mereka keluar dari jalan. Kemudian, periksa lemari dengan hati-hati dan lakukan perbaikan apa pun yang diperlukan. Dempul sendi dan celah.

Langkah 3 – Bersihkan Lemari

Gunakan sabun cuci piring, air, dan lap untuk membersihkan kotoran, minyak, atau kotoran dari semua veneer yang ingin Anda cat. Untuk coretan dan bekas yang sulit dibersihkan, gunakan sikat semak.

Langkah 4 – Amplas Permukaan Kabinet

Lapisi semua permukaan pasir dengan amplas 220-grit untuk memberi cat permukaan yang lebih baik agar menempel. Lalu, bersihkan permukaan dengan kain lembab untuk menghilangkan debu pengamplasan.

Langkah 5 – Cat Area Kabinet dan Amplas

Peringatan: Saat melukis atau cat dasar, selalu kenakan pelindung keselamatan untuk menghindari kontak kulit dan inhalasi. Hanya cat di area yang berventilasi baik.

Lapisan cat pertama akan bertindak sebagai lapisan primer. Oleskan cat ke veneer secara merata, gunakan guratan halus, dan selalu ikuti butiran area tersebut. Biarkan lapisan pertama mengering selama 1-2 jam. Kemudian, gosok area tersebut dengan amplas 220-grit lagi. Bersihkan semua debu.

Langkah 6 – Aplikasikan Top Coat

Setelah lapisan pertama kering, aplikasikan ulang jika warna kurang sesuai. Biarkan lapisan kedua mengering setidaknya selama dua jam. Semakin lama mantel harus kering, semakin keras dan lebih tahan lama enamelnya.

Langkah 7 – Cat Pintu dan Laci

Terakhir, cat pintu Anda, laci, dan langsing menggunakan teknik yang sama. Aplikasikan dua lapis atau cat seperti sebelumnya, dan biarkan cat benar-benar kering. Pasir antara mantel untuk ikatan yang lebih baik dan tekstur yang lebih seragam. Setelah lapisan kedua kering, Anda dapat mengganti perangkat keras kabinet dapur, mengganti laci, dan memasang kembali pintu.

Produk Pilihan Terbaik agar Kabinet dari Veneer Tampil Sempurna

Sebelum masuk ke dalam tahapan finishing kabinet, pemilihan produk finishing adalah yang paling utama. Jika salah memilih cat maka kabinet dapur tidak akan tampil sempurna. Apalagi pemilihan cat berhubungan dengan soal keamanan dan keramahan lingkungan. 

Perlu diingat bahwa cat adalah bahan kimia yang biasanya menimbulkan aroma kuat dan mengganggu pernapasan. Jika digunakan pada kabinet untuk penyimpanan makanan juga perlu berhati-hati. Bisa saja toxic dalam cat mencemari lingkungan apalagi dapur. 

Salah satu produk yang disarankan adalah cat berbasis atau berpelarut air. Cat water based memiliki bahan organik yang dibatasi sehingga penggunaannya lebih aman. Berapa jumlah kadar bahan organik yang digunakan harus seminimal mungkin sehingga tak berbahaya bagi makhluk hidup. 

Salah satu produk yang paling direkomendasikan adalah cat kayu besi Orchid. Cat enamel ini sangat mudah digunakan pada veneer sehingga tampil sempurna. Orchid sebagai cat enamel water based memberikan begitu banyak keuntungan bagi para penggunanya. 

Keuntungan Menggunakan Cat Enamel Orchid untuk Kabinet Dapur

Bukan hanya soal warna, pemilihan bahan cat juga berdasarkan kemudahan aplikasi. Apalagi jika Anda adalah orang yang baru pertama kali mengecat. Kemudahan aplikasi ditentukan dengan kualitas produk. Hindari menggunakan cat yang terlalu banyak aplikasinya seperti cat duco. 

Cat enamel Orchid adalah jenis cat yang sekali aplikasi, sebagai perlindungan tambahan setelah mengaplikasikannya bisa juga dilapisi Bioduco top coat. Namun cat Orchid sendiri sudah memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut :

  • Satu bahan untuk warna solid

Ketika menggunakan cat duco, Anda membutuhkan primer, dempul hingga top coat. Ketika bahan cat lain tersebut wajib jika Anda memang ingin mendapatkan hasil yang terbaik. Namun cat Orchid adalah bahan yang bisa sekali aplikasi, artinya tak membutuhkan tambahan lapisan lain jika ingin mengecat.

Hal ini disebabkan cat memang dirancang untuk sekali aplikasi. Anda bisa membuat beberapa lapisan cat 3 hingga 4 untuk mendapatkan hasil warna yang solid. Mudah bukan? 

  • Memberikan daya tutup tinggi

Hasil sempurna dari cat enamel bisa dilihat dari daya tutupnya. Cat haruslah memiliki daya tutup tinggi sehingga warna kayu bahkan seratnya tak lagi terlihat. Masalah inilah yang sering dialami para pengrajin, sehingga furniture yang mereka jual memiliki daya jual yang rendah. 

Anda akan mendapatkan kabinet dapur dari veneer yang tertutup warna kayu aslinya. Sehingga warna baru bisa didapatkan dengan sempurna. 

  • Bahan pelarut air yang aman

Berbeda dengan cat enamel berbahan solvent, Orchid hanya perlu air sebagai bahan pelarutnya. Hal ini sudah sangat membuktikan bahwa cat ini aman. Ditambah lagi dalam pembuatannya, formulasi Orchid selalu memperhatikan regulasi yang dibuat oleh EPA dan ECHA. 

Air adalah bahan yang sangat aman serta hemat. Hanya menggunakan air saja Anda bisa mengecat kabinet sebanyak yang diinginkan tanpa takut pencemaran lingkungan. 

  • Hasil tampilan semi glossy

Jika Anda tidak ingin menggunakan top coat, selain warna hasil tampilan dari Orchid adalah semi gloss. Semi gloss adalah pilihan tepat untuk kabinet dapur karena nantinya permukaan tidak mudah kotor bahkan mudah dibersihkan. 

Soal warna, Orchid memiliki 24 pilihan warna solid dan metalic yang bisa digunakan. Anda tak perlu bingung memilih warnanya karena semua tersedia lengkap. 

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan Orchid untuk finishing kabinet dapur di rumah? Langsung saja untuk melakukan pembelian di:

  1. https://www.tokopedia.com/catkayu-com
  2. https://www.tokopedia.com/catkayu-com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top