Cat Furniture Kayu yang Aman untuk Perkembangan Anak Ramah Lingkungan

Penggunaan cat furniture untuk anak memang sangat penting, terlebih dengan penggunaan bahan – bahan yang aman. Bukan hanya dari tampilan fisik maupun warnanya, pemilihan furniture anak yang digunakan juga harus aman untuk digunakan bagi anak kecil. Sensitifitas kulit maupun kesehatan anak – anak tetap harus dijaga, apalagi jika ternyata furniture yang dipilih akan digunakan oleh anak Anda sendiri.

Furniture anak perlu dipertimbangkan betul keamanannya. Salah satu pertimbangan, bentuk fisik yang tidak berbahaya ketika digunakan, seperti tidak berujung tajam. Pertimbangan lain yang tidak kalah penting, cat yang digunakan. Cat furniture anak yang digunakan mungkin saja mengandung bahan berbahaya. Ini bisa mengganggu kesehatan dan tumbuh kembangnya. Jangan sampai hal buruk yang tidak diinginkan ini terjadi pada buat hati  Anda tercinta.

furniture anak

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan memahami bahan apa saja yang digunakan untuk membuat furniture anak. Tak hanya media atau kayu yang digunakan, tetapi juga perhatikanlah keamanan baha finishing yang akan diaplikasikan. Meski mampu memberikan berbagai warna yang menawan bagi furniture anak, nyatanya tidak semua jenis cat yang digunakan adalah cat yang aman.

Pembuatan furniture skala besar maupun skala kecil tak jarang masih menggunakan bahan finishing atau cat yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya. Walaupun berbahaya, pada nyatanya sebagai konsumen Anda kerap kali tidak mengetahui hal tersebut. Agar bisa mendapatkan furniture anak dengan cat yang aman, sebaiknya Anda simak informasi selengkapnya pada artikel berikut ini.

Tips Memilih Cat yang Aman untuk Furniture Anak

Memilih cat yang aman merupakan suatu kewajiban yang harus Anda penuhi dan Anda perhatikan. Pemilihan furniture anak sebaiknya tidak hanya dipertimbangkan dari segi bentuk, warna, harga ataupun ukuran. Pertimbangkanlah keamanan cat yang digunakan untuk finishing produk tersebut. Keamanan bahan tersebut penting untuk Anda ketahui agar bisa memberikan furniture dengan kualitas terbaik dan aman digunakan bagi sang buah hati.

cat furniture aman

Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan atau contoh untuk pemilihan cat pada furniture anak. Bukan hanya warna yang menarik, cat untuk furniture juga harus aman digunakan. Berikut ini beberapa tipsnya:

— Tidak ada bau menyengat

Secara umum, konsumen hanya bisa melihat cat  secara kasat mata, seperti warna dan tekstur cat. Namun konsumen tidak bisa mengetahui apa kandungan kimiawi cat hanya dengan melihat atau meraba furniture tersebut. Namun, setidaknya ada ciri khas yang ditimbulkan oleh cat yang kandungannya berbahaya, yaitu aromanya menyengat.

Mereka yang terbiasa dengan kegiatan mengecat biasanya akan mengerti ciri yang satu ini. Aroma menyengat ini menyebar dan terasa kuat saat terhirup, bahkan terkesan membuat sesak nafas saat menghirupnya. Sebagian besar konsumen furniture anak barangkali tidak mengetahui ciri ini. Sebab produk yang sampai pada mereka pasti catnya telah kering.

Bau menyengat tersebut saat terhirup terlalu banyak maka akan menyebabkan kepala terasa pusing atau perut terasa mual. Gejala-gejala awal ini memang bersifat temporer, namun benar-benar merusak kesehatan bila terpapar berulang kali dalam waktu yang lama.

Meski terkesan sepele dan tidak terlalu penting, nyatanya bau yang timbul dari penggunaan cat juga dapat memberikan dampak yang serius. Berbagai gangguan kesehatan yang terjadi akan membuat penggunaan cat ini benar benar tidak bisa disepelekan lagi efeknya.

—  Pilih yang water-based

Seperti yang telah kita ketahui bersama, ada beberapa jenis cat yang bisa digunakan untuk melakukan proses finishing furniture kayu. Salah satu diantaranya adalah cat water based yang menggunakan air sebagai bahan pengencernya. Penggunaan air sebagai pelarut atau pengencer ini telah diakui oleh berbagai lembaga keamanan dan oleh banyak pihak profesional sebagai bahan pelarut yang lebih aman untuk digunakan. Tentunya hal ini berbeda dengan cat jenis solvent based.

Tips memilih cat furniture anak

Cat kayu pasti mengandung dan menggunakan bahan pelarut untuk mempermudah proses aplikasinya. Jenis pelarut yang bisa digunakan sebenarnya ada banyak. Salah satu yang banyak dipakai adalah pengencer atau pelarut jenis solvent, seperti spiritus atau thinner. Cat jenis ini lazim disebut dengan jenis cat solvent based. Meski banyak digunakan, namun cat jenis solvent based sebenarnya memiliki dampak buruk pada anak-anak bila terpapar.

Sejumlah bahan kimiawi berbahaya terkandung di dalamnya, seperti ftalat, cadmium, formaldehyde, serta logam-logam berat seperti timbal. Cat solvent based juga mengandung senyawa berbahaya yang mudah menguap (kerap disebut VOC: Volatile Organic Compounds). Keberadaan VOC pada cat sampai saat ini memang masih sulit dihindari, namun sudah ada batasan-batasan (ambang batas).

Pentingnya Menggunakan Bahan Finishing yang Aman

Pemilihan penggunaan bahan finishing yang aman merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Termasuk saat Anda sedang dalam kondisi pemilihan bahan finishing untuk furniture anak. Karena kondisi anak-anak yang jelas lebih rentan dengan berbagai efek buruk yang timbul yang disebaban oleh bahan-bahan di atas. Paparan pada anak akan mempengaruhi kesehatan dan mengganggu perkembangan anak, baik secara fisik maupun psikologis.

cat water based vs solvent based

Cat water based hadir sebagai pilihan bahan finishing yang lebih aman untuk cat furniture anak.  Berbeda dengan cat solvent based yang menguapkan senyawa kimia berbahaya, bahan yang menguap pada cat water based hanyalah air. Saat lapisan film pada cat yang telah diaplikasikan terbentuk, air akan menguap sehingga yang tersisa adalah lapisan film yang kering.

Karena itu, cat furniture anak berpelarut air (water based) jadi pilihan utama yang harus Anda pertimbangkan. Di tengah popularitas cat solvent based, banyak konsumen yang belum mengetahui keberadaan cat ramah anak seperti water based. Edukasi kepada konsumen penting untuk dilakukan agar ke depannya semua cat yang digunakan benar-benar aman bagi siapa saja, tidak hanya untuk anak-anak.

Rekomendasi Bahan Finishing Water Based yang Aman Digunakan

Sumber : Klik Disini

Salah satu rekomendasi produk cat water based yang sudah bersertifikat adalah Bioduco dari Bio Industries. Cat ini memiliki varian produk yang lengkap dengan pilihan warna yang beragam. Anda bisa mendapatkan hasil finishing pada furniture anak dengan hasil yang tak kalah menarik namun tetap aman dan ramah lingkungan. Tak hany hasilnya yang memuaskan, cara aplikasi produk ini juga sangat mudah.

Meski Anda bukan seorang profesional di bidang ini, tenang saja karena Anda tetap akan bisa melakukan finishing furniture atau melakukan proses finishing ulang dengan mudah. Tanpa perlu menggunakan alat dan bahan yang sulit ditemukan dan digunakan, Anda nyatanya bisa melakukan finishing dengan menggunakan kuas dan air bersih.

Encerkan terlebih dahulu cat Bioduco Solid Stain yang telah Anda pilih warnanya dengan air bersih. Gunakan perbandingan 2 bahan : 1 air bersih, kemudian aduk sampai rata. Setelah itu, aplikasikan dengan menggunakan kuas sampai ke seluruh permukaan furniture. Lakukan sampai seluruh permukaan kayu tertutup sempurna dan merata dengan cat Bioduco ini.

Proses pengeringannya juga mudah dan cepat, Anda tidak perlu melakukan penjemuran karena cukup diangin anginkan dalam ruangan dengan ventilasi yang baik. Cat akan kering amplas dalam waktu 60 menit setelah diapliaksikan. Sangat mudah dan cepat bukan? Jadi tunggu apa lagi? Gunakan cat Bioduco sekarang juga untuk memenuhi berbagai kebutuhan finishing Anda.