Wood Filler Dempul Kayu Bahan Air Cepat Kering dan Tidak Peeling

Semua pekerjaan finishing baik itu pada kayu, dinding, metal atau besi, pasti membutuhkan bahan dasar yang cepat kering sebelum pengecatan, yaitu penggunaan dempul kayu / wood filler. Ketika Anda akan menggunakan cat dempul, ini berfungsi untuk memberikan lapisan dasar yang berfungsi sebagai penutup pori kayu dan juga sebagai lapisan dasar untuk merekatkan lapisan di atasnya yaitu cat.

Wood Filler Cepat Kering Dan Tidak Peeling

Setiap material yang akan difinishing memiliki jenis dempul yang berbeda juga disesuaikan dengan hasil akhir yang diinginkan serta seberapa besar kerusakan atau cacat kayu yang dihasilkan. Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna solid maka Anda bisa menggunakan dempul kayu seperti warna putih atau warna abu-abu.

Baca Juga : cari bahan finishing gitar yang cepat kering pakai sanding sealer

Wood Filler

Jika Anda ingin mendapatkan hasil warna natural pada material kayu, maka gunakan wood filler. Fungsi utama adalah untuk mengisi pori kayu yang halus dan memperhatikan serat kayu. Sedangkan untuk warna kayu Anda bisa menggunakan wood stain setelah aplikasi wood filler.

Jika terdapat cacat kayu yang cukup besar Anda bisa menggunakan wood filler dalam jumlah banyak dan mengisi cacat tersebut. Anda bisa menggunakan berbagai cara untuk mengatasi cacat kayu menggunakan wood filler. Selanjutnya seperti apakah wood filler yang paling banyak dicari dan juga digunakan?

Baca Juga : cat waterbased anti air untuk kayu yang cepat kering dan mudah aplikasinya

Cari Wood Filler Cepat Kering

Jika Anda ingin menggunakan wood filler, maka cari jenis produk yang cepat kering dan tidak mudah untuk peeling. Kendala yang sering terjadi ketika melakukan proses finishing adalah menunggu produk cat dan juga wood filler untuk kering. Semakin lama bahan yang digunakan untuk kering maka waktu proses finishing juga akan membutuhkan waktu yang lama.

Para pekerja di bidang industri pun seringkali tidak dapat menyelesaikan proses finishing tepat waktu. Maka untuk mengatasi hal tersebut harus mencari produk yang cepat kering. Anda bisa mencoba berbagai macam produk wood filler untuk pengetesan.

Selain kecepatan kering, masalah peeling atau wood filler yang mengelupas juga menjadi kendala dalam budgeting. Apabila wood filler yang telah mengering diamplas dan muncul efek peeling maka wood filler tidak memiliki kekuatan bonding yang baik. Wood filler tidak melekat pada pori dan mengisi pori, namun hanya sedikit yang menempel dan sisanya mengelupas ketika proses pengamplasan.

Wood Filler Peeling

Jika efek peeling terjadi, Anda harus menggunakan banyak wood filler dan mengakibatkan biaya atau budget yang meningkat. Jika efek ini tidak Anda atasi sejak awal, kerugian akan Anda dapatkan.

Mengenal Macam-Macam Wood Filler

Dalam perbedaannya ada dua jenis bahan wood filler yang bisa Anda pilih dan gunakan. Pertama adalah wood filler yang terbuat dari oil/solvent dan adapula wood filler yang terbuat dari bahan water based. Jika Anda ingin menggunakannya maka bandingkan terlebih dahulu dari keduanya manakah yang paling efektif untuk mengisi pori-pori kayu.

Jika Anda ingin mengetahui perbedaannya maka Anda harus mencoba semua merk wood filler baik yang terbuat dari solvent dan juga water based. Walaupun terbuat dari bahan yang sama, namun setiap merk memiliki kelebihan dan juga kekurangan, namun yang harus dimiliki dari produk yang Anda gunakan adalah bahan yang cepat kering dan tidak peeling.

Filler Tidak Peeling

Untuk produk wood filler yang terbuat dari solvent selalu memiliki waktu kering yang lama. Hal tersebut disebabkan oleh bahan finishing dari solvent hanya dapat menguap dan mengendap ke dalam pori kayu jika ada panas matahari. Proses yang lama ini pun juga akan menghambat proses aplikasi lapisan cat selanjutnya yaitu stain.

Jika permasalahan lama waktu kering tidak diatasi, maka tidak hanya proses finshing saja yang berjalan lambat.

Masalah lain yang akan membuat hasil finishing tidak sempurna yaitu sebagai berikut ini :

  • Wood filler yang tidak kering tidak akan menyatu ke dalam pori kayu
  • Warna dari wood filler tidak akan sesuai dengan warna kayu bahkan bisa berubah menjadi abu-abu
  • Filler akan mengelupas dan menimbulkan permukaan yang tidak rata bahkan menonjol pada bagian tertentu.
  • Wood filler juga dapat berubah warna menjadi orange dengan permukaan mengelupas dan kasar.

√ Wood Filler Solvent Based

Jika wood filler berbahan dasar solvent yang Anda gunakan tidak kering dan tidak memiliki kualitas yang baik permasalahan tersebut akan muncul. Satu-satunya cara hanyalah untuk menghilangkan lapisan cat dan juga wood filler dan mengulangi proses pendempulan kembali. (Understanding Wood Finish, Bob Flexner)

Jika wood filler berbahan solvent memiliki banyak kekurangan, bagaimana dengan wood filler berbahan dasar air? Penggunaan wood filler water based lebih mudah dibandingkan dengan oil based. Anda tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu wood filler kering. Namun bagi Anda yang belum berpengalaman mungkin akan merasa kesulitan karena waktu cepat kering tersebut Anda tidak memiliki waktu yang lama untuk menghilangkan sisa wood filler apabila material yang diaplikasikan cukup banyak. Bagi Anda yang sudah berpengalaman menghilangkan sisa dari wood filler yang berlebih akan sangat mudah hanya dengan kain yang sudah diberi lap basah.

Namun jika dibandingkan, hasil yang cepat kering ini lebih mudah, bahkan Anda tidak perlu panas matahari untuk menunggu kering, cukup dengan suhu ruangan pun wood filler dapat mengering dengan baik. Perbedaan dari wood filler water based ini Anda bisa menggunakannya pada berbagai macam jenis bahan finishing. Maksudnya adalah setelah Anda mengaplikasikan wood filler water based Anda bisa melapisinya menggunakan shellac atau menggunakan wood stain solvent dan water based. Namun jika Anda menggunakan wood filler dari solvent maka akan kesulitan apabila wood stain atau top coat yang digunakan berbasis air.

Bahkan di beberapa kasus, harus menunggu waktu yang lama untuk wood filler solvent mengering sebelum mengaplikasikan stain atau top coat water based. Jadi wood filler water based adalah bahan yang fleksibel dan bisa digunakan sebagai dasaran finishing solvent dan juga water based.

√ Wood Filler Water Based

Kelebihan lain dari wood filler water based adalah dapat diberikan pewarna, namun untuk memberikan warna ini Anda harus melakukannya dengan cepat. Jika Anda tidak memiliki kesempatan atau waktu untuk memberikan warna pada wood filler, maka Anda bisa langsung memberikan stain. Berbeda dengan wood filler dimana Anda harus memberikan warna atau mencampurkan warna pada wood filler sebelum proses aplikasi.

Namun kini adapula wood filler water based yang sudah diberikan warna dari pabrik pembuatnya. Pemberian warna ini tentu mempermudah Anda untuk bisa langsung mengaplikasikan langsung pada furniture.

Biovarnish Wood Filler Cepat Kering

https://www.youtube.com/watch?v=05cYTo1lf6o

Anda sudah mengenal perbedaan antara wood filler oil based dan wood filler water based. Diantara keduanya Anda bisa memilih manakah yang akan tetap Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda memilih menggunakan wood filler water based, maka sebaiknya Anda memilih untuk menggunakan Biovarnish wood filler. Jika Anda membandingkan dengan produk lainnya proses kering hanya membutuhkan waktu yang sangat cepat 20 menit dalam suhu ruangan.

wood filler

Produk Biovarnish wood filler terdapat empat jenis warna yaitu jati, ramin, sungkai dan mahoni. Keempat pilihan warna tersebut memungkinkan Anda untuk mengaplikasikannya langsung tanpa harus menciptakan warna pada wood filler sebelum aplikasi. Anda bisa mengaplikasikannya pada furniture dengan berbagai macam jenis bahan.

Produk Biovarnish wood filler dapat Anda aplikasikan dengan mudah dan juga cepat dengan dicampurkan sedikit air. Proses aplikasi yang mudah ini hanya membutuhkan alat pisau scrape, kain ball dan juga amplas saja. Aplikasi bisa cepat diselesaikan dengan mudah.

Setelah selesai aplikasi Anda bisa langsung mengamplas dengan mudah dan cepat karena tidak ada efek peeling. Semua wood filler yang telah diaplikasikan dipastikan telah meresap ke dalam pori kayu dengan benar. Hasilnya pori kayu tertutup rapat dengan warna wood filler mirip dengan warna kayu sehingga Anda tidak perlu untuk hasil akhir finishing yang belang.

Cara Aplikasi Biovarnish Wood Filler

https://www.youtube.com/watch?v=7VDy-4Z6uD8&t=58s

Untuk membuktikan bagaimana hasil finishing Biovarnish wood filler, maka Anda bisa langsung mangaplikasikannya. Sebelum mengaplikasikan Biovarnish wood filler persiapkan substrat kayu yang akan difinishing. Pastikan substrat kayu sudah kering dengan MC kayu 12% agar tidak memicu timbulnya jamur di kemudian hari.

Amplas terlebih dahulu permukaan kayu untuk mendapatkan kayu yang halus dan juga rata. Permukaan kayu yang sudah rata akan mempermudah aplikasi wood filler Biovarnish. Selain itu pengamplasan berfungsi untuk membuka pori kayu agar wood filler langsung masuk dengan baik ke seluruh pori kayu setelah aplikasi. Jika substrat kayu sudah siap untuk difinishing, siapkan Biovarnish wood filler yang sudah Anda pilih warnanya.

Proses aplikasi bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Campurkan Biovarnish wood filler dengan sedikit air hingga mudah diaplikasikan menggunakan kain bal. Aplikasikan secara mumutar sambil ditekan agar wood filler benar-benar masuk ke dalam pori kayu.
  • Jika seluruh permukaan kayu sudah terlapisi wood filler maka tunggu kering sekitar 20 menit dalam suhu ruangan dan jangan dijemur.
  • Jika permukaan sudah kering maka amplas dengan kertas amplas no. 240 hingga serat kayu terlihat dan hanya wood filler dalam pori kayu yang tersisa.
  • Jika masih terdapat cacat permukaan kayu yang dalam maka Anda bisa mengaplikasikan kembali Biovarnish wood filler hingga seluruh cacat kayu terisi dengan benar.

Dimana Anda Bisa Mendapatkan Produk Biovarnish :

finishing kayu natural
Biovarnish Series

Jika anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi HotLine kami disini : HotLine Bio. Atau melaui e-mail di [email protected].

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari Bioindustries secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini:

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Disini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154
Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top